Inilah Blast Chiller, Jenis Cold Storage

By. Syaiful Wahyu - 09 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Dengan adanya kebutuhan suplay logistik ataupun distribusi suatu produk barang terutama untuk produk atau bahan makanan yang mudah rusak akibat proses pembusukan maka perlu sekali fasilitas khusus dalam proses penyimpanan ataupun pendistribusian.

Baca juga : Blast Freezer Jenis Cold Storage

Kenyataanya tidak semua jenis produk atau bahan makanan dapat di perlakukan dengan kondisi yang sama. Oleh karena itu untuk mencapi tujuan distribusi dengan kualitas produk dana tau bahan makanantetap terjaga dengan baik makak kita harus mengetahui sifat dari produk ataupun bahan makanan ang akan kita simpan atau distribusikan.

Apabila kita sudah mengetahui sifat dari produk dan atau bahan makanan tersebut maka ita dapat menentukan tritment yang akan kita lakukan dalam proses penimpanan dan distribusi. Dalam suatu system distribusi dan penimpanan suatu produk dan bahan makaknan tersebut dikenal dengan fasilitas ataupun teknik penyimpanan suatu produk ataupun bahan makaknan agar tetap berkualitas yaitu Cold storage.

Cold storage memiliki beberapa jenis yang umumnya dikenal dengan chilled room, freezer room, blast freezer, dan blast chiller. Chilled room dan freezer room biasanya digunakan untuk menyimpan produk sesuai dengan kondisi suhu tertentu.

Blast chiller digunakan untuk penyimpanan produk dengan kondisi suhu tertentu namun dengan waktu yang cepat untuk pendinginannya. Chilled room memiliki kondisi suhu pada temperatur rendah antara 1oC - 7oC. Ruangan pada chilled ini digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang fresh seperti sayur - sayuran, buah - buahan dan bahan makanan lainnya.

Baca juga : Freezer Room Jenis Cold Storage

Blast chiller merupakan mesin yang hampir mirip seperti lemari pendingin dengan berbagai ukuran ada 1 pintu, 2 pintu maupun 3 pintu yang tak hanya mampu mendinginkan makanan saja, namun juga mengawetkannya. Makanan yang diawetkan di dalam blast chiller biasanya akan disimpan untuk digunakan dalam 2 hingga 3 hari ke depan. Sehingga supaya rasanya tetap lezat, warnanya tidak berubah dan aromanya tetap menarik.

Seperti yang disampaikan diawal, bahwa dalam melakukan system penyimpanan atu distribusi suatu produk atau bahan makanan yang mudah rusak kualitasnya, harus mengetahui karakteristik dan sifat ketahanan suatu produk atau bahan makanan tersebut. Hal tersebut dikarenakan banak fungsi dan jenis Cold storage berdasarkan fungsi dan kegunaan produk ang akan di simpan.

Penting sekali pengetahuan tentang jenis dan macam kegunaan Cold storage tersebut dalamteknik penyimpanan dan distribusi maka penting untuk saling berbagi pengetahuan ini, oleh karenaitu jangan lupa like komen dan share artikel ini serta jangan lupa kritik dan saranya.

Baca juga : Chilled Room Salah Satu Jenis Cold Storage




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp