Menjaga Makanan Tetap Segar Diperjalanan

By. Syaiful Wahyu - 09 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Banyaknya kebutuhan distribusi bahan makanan yang mudah rusak pada suhu normal dan kebutuhan menjaga makanan dan atau bahan makanan tetap segar meskipun melalui waktu perjalanan distribusi yang sangat lama, oleh karena itu , pertama kali di kenalkan trobosan didunia distribusi dan transpotasi bahan makanan berupa truk pendingin bermesin pertama, diperkenalkan oleh industri es krim sekitar tahun 1925.

Baca juga : Freezer Room Jenis Cold Storage

Sebuah truk pendingin adalah sebuah van atau truk yang dibuat untuk membawa benda-benda yang tidak tahan lama. Truk pendingin juga dapat berupa pendingin berbahan dasar es balok, dilengkapi dengan sistem refrigerasi yang digerakkan oleh mesin diesel kecil, atau menggunakan karbon dioksida baik dalam bentuk es kering maupun cair sebagai sumber pendingin.

Kebanyakan angkutan berpendingin berjarak jauh dengan truk dilakukan dengan truk terartikulasi yang menarik semi-trailer berpendingin. Riset di bidang ini telah dilakukan dengan menggunakan sel bahan bakar auxiliary power unit.

Manfaat luas truk berpendingin sangat terasa di sekitar kita. Tanpa truk berpendingin, swalayan, restoran, dan pasar akan mengalami penurunan pilihan makanan yang tersedia. Truk berpendingin membantu memastikan kesegaran dan keamanan bahan makanan ketika diangkut ke daerah yang jauh dari asalnya. Truk berpendingin memainkan peran penting dalam memberikan produk dan makanan segar serta barang-barang yang rentan terhadap perubahan suhu.

Baca juga : Chilled Room Salah Satu Jenis Cold Storage

Jika truk berpendingin bisa mendinginkan muatannya dari satu tempat ke tempat lain, artinya menjaga kualitas dan keamanan barang, konsumen seakan dipaksa untuk bepergian jauh untuk mendapatkan akses ke barang yang diinginkannya. Oleh karena itu, truk berpendingin juga memainkan peran besar dalam perekonomian.

Bahwa dalam melakukan system penyimpanan atu distribusi suatu produk atau bahan makanan yang mudah rusak kualitasnya, harus mengetahui karakteristik dan sifat ketahanan suatu produk atau bahan makanan tersebut. Hal tersebut dikarenakan banyak fungsi dan jenis pendingin berdasarkan fungsi dan kegunaan produk yang akan di simpan.

Penting sekali pengetahuan tentang jenis dan macam kegunaan pendingin tersebut dalam teknik penyimpanan dan distribusi maka penting untuk saling berbagi pengetahuan ini, oleh karenaitu jangan lupa like komen dan share artikel ini serta jangan lupa kritik dan saranya.

Baca juga : Blast Freezer Jenis Cold Storage




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp