3 Kegunaan Fitur Atur Jadwal Operasional Toko di Tokopedia

By. Hanief - 11 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Jam kerja untuk mengurus toko berbeda setiap perusahaan. Apabila kamu khawatir ada chat dari pembeli namun tidak dapat kamu balas karena diluar jam mengurus toko, kamu dapat mengatur jadwal tokomu agar kamu dapat lebih efisien memproses pesanan dan memberikan layanan terbaik pada pembeli tanpa takut performa yang turun akibat tidak merespon chat atau pesanan. Berikut ini adalah 3 kegunaan fitur atur jadwal operasional toko di Tokopedia.

 

Baca juga: Menjaga Makanan Tetap Segar Diperjalanan

 

1. Mengatur jam buka – tutup toko

Kegunaan Fitur Atur Jadwal Operasional yang pertama adala mengatur jam buka – tutup toko disesuaikan dengan jam operasional toko setiap harinya.

Pembeli akan diinformasikan apabila pesanan yang masuk ketika toko sedang tutup akan diproses keesokan harinya ketika toko buka kembali.

 

2. Mengatur jadwal libur toko

Kamu juga dapat mengatur jadwal libur rutin mingguan dan jadwal libur panjang. Ketika mengatur jadwal libur rutin mingguan, kamu dapat sekaligus mengatur apakah pembeli bisa memesan barang di tokomu atau tidak.

Ketika kamu memilih untuk mengatur toko dalam mode libur panjang, maka pembeli tidak dapat memesan barang di tokomu. Perlu diingat saat toko kamu dalam masa ‘Libur rutin (Produkmu bisa dibeli)’ maka pembeli akan cenderung tetap merasa yakin untuk berbelanja ketika tokomu buka.

 

Kamu harus pastikan bahwa pesanan yang sudah masuk tetap diproses. Waktu mulai dan selesai libur mengikuti zona WIB (Waktu Indonesia Barat).

 

Baca juga: 4 Fungsi Adanya Aplikasi Nota Online dalam Sebuah Bisnis

 

3. Mengatur jadwal buka toko setelah libur

Apabila kamu ingin membuka toko secara manual, maka bukalah pada waktu sepi pengunjung, seperti di malam hari sebelumnya untuk menghindari kepadatan sistem.

Hindari mengubah status toko menjadi Buka dan Tutup berulang kali apabila produk di tokomu tidak kunjung tampil karena hal tersebut dapat membuat tokomu masuk ke antrian paling akhir sistem.

Namun, jika dalam 30 menit tidak ada satu pun produk di tokomu yang muncul, maka segera hubungi Pusat Bantuan Tokopedia.

Namun akan lebih baik apabila kamu sudah mengatur Jadwal Tutup dan Buka Toko secara otomatis.

 

Itu tadi beberapa kegunaan fitur atur jadwal operasional toko. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: 4 Sektor Bisnis yang Minim Mengalami Kerugian




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp