3 Risiko Mengganti Nama dan Domain Toko di Tokopedia

By. Hanief - 11 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Tokopedia mulai tanggal 12 Oktober 2020 menyediakan fitur ubah nama dan domain toko untuk memudahkan para seller agar membangun branding toko yang lebih baik.

Namun terdapat beberapa hal yang perlu untuk dipertimbangkan dan diperhatikan terlebih dahulu. Apabila kamu mengubah nama dan domain toko maka akan berdampak pada performa SEO dan traffic pengunjung dari toko yang kamu kelola. Berikut ini adalah 3 resiko mengganti nama dan domain toko di Tokopedia.

 

Baca juga: Blast Freezer Jenis Cold Storage

 

1. Ranking SEO di search engine akan hilang

Mesin penelusuran atau search engine (Google) secara terus menerus akan mengumpulkan data informasi berupa teks, gambar, video maupun domain/URL dari beragam konten yang tersebar di internet.

Apabila kamu mengganti nama toko dan juga nama domain/URL maka akan berdampak pada performa SEO pada toko kamu. Nama serta domain/URL yang lama akan hilang dan sudah tidak diperhitungkan lagi oleh mesin penelusuran karena dianggap sudah tidak valid.

 

2. Referensi website traffic akan hilang

Apabila kamu mengganti nama toko dan domain/URL ke sebuah domain baru, maka mesin penelusuran atau search engine (Google) akan menonaktifkan domain/URL yang lama sehingga apabila alamat domain toko lama kamu telah tersebar melalui website, blog, sosial media serta platform lainnya juga tidak akan dapat diakses oleh pengguna.

Hal ini secara tidak langsung akan berdampak pada pembeli yang akan keselitan menemukan toko kamu melalui referensi sebelumnya yang sudah tersedia.

 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Membuat Gagal dalam Bisnis Startup

 

3. Link toko lama tidak dapat dibuka

Salah satu cara mudah untuk mengoptimalkan performa SEO dari toko kamu adalah dengan menyebarkan link toko ke berbagai platform dan media sosial di internet.

Menyebarkan link toko juga bisa meningkatkan kredibilitas halaman toko di mata mesin penelusuran atau search engine (Google) sehingga ranking toko juga akan naik.

Namun, apabila kamu tetap ingin mengganti domain/URL toko, maka kamu harus bersiap jika link lama yang sudah kamu sebar sebelumnya tidak dapat terbuka oleh para calon pembeli.

 

Itu tadi beberapa risiko mengganti nama dan domain toko di Tokopedia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: 4 Tips Bentuk Tim Kerja Agar Bisnis Perusahaan Terus Jalan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp