7 Bahan Pengawet yang Aman Dikosumsi

By. Syaiful Wahyu - 11 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Besarnya pasar makanan dan minuman dan ketatnya persaingan produsen produk makanan dan minuman menuntut para produsen untuk mengembangkan produk untuk tahan lebih lama agar dapat di distribusikan dengan kepada pasar baik di dalam maupun di luar negri, hal tersebut menuntuk untuk penggunaan bahan pengawet pada makanan guna untuk memperpanjang masa guna produk tersebut.

Baca juga : 5 Fakta Perlu Diketahui Tanggal Kedaluarsa

Masih banyak anggapan yang menyatakan bahwa bahan pengawet dalam makanan berbahaya bagi kesehatan dan bisa menimbulkan penyakit. Memang ada bahan pengawet makanan yang berbahaya, namun ada juga beberapa bahan pengawet makanan yang tergolong aman.

Bahan pengawet makanan digunakan untuk menghambat atau mencegah penguraian, pengasaman, kerusakan, dan proses fermentasi pada makanan, yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan mikroba.

Bahan pengawet boleh saja digunakan selama bahan tersebut sudah terdaftar dan diizinkan penggunaannya dengan takaran yang tepat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Beberapa bahan pengawet makanan yang aman dan sering digunakan adalah sulfur dioxide, asam sorbat, asam benzoat, asam sitrat, sorbitol, asam tartarat, dan asam malat.

Baca juga : Blast Freezer Jenis Cold Storage

Sebenarnya tidak semua makanan harus menggunakan pengawet. Penggunaan pengawet dibutuhkan untuk menjaga kesegaran dan mutu makanan, sehingga tetap bisa dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, jenis makanan yang membutuhkan pengawet adalah makanan yang memiliki kadar air yang tinggi atau lembap.

Salah satu jenis makanan yang tidak perlu pengawet adalah produk makanan kering, seperti keripik atau camilan. Jenis makanan tersebut memiliki kadar air dan kelembapan yang rendah, sehingga risiko pertumbuhan bakteri, ragi, dan jamur juga kecil. Terlebih jika makanan kering tersebut dikemas dengan baik.

Penting untuk memerhatikan jenis bahan pengawet yang digunakan dalam makanan yang akan Anda konsumsi. Pastikan bahan pengawet yang digunakan aman, dan sebisa mungkin jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Bagi masyarakat Indonesia yang sangat besar dan memerlukan suatu produk guna kebutuhan tertentu terutama produk makanan dan minuman ataupun bahan makanan dan minuman maka sangat penting sekali kita mengenal dan mengerti bahan pengawet jenis apa saja yang aman digunakan di kehidupan segari-hari baik digunakan untuk dikosumsi ataupun sebagai bumbu utama masakan, mari kita berbagi ilmu dan pengetahuan dengan share, like dan komen kritik dan saran di komom komentar.

Baca juga : Inilah Blast Chiller, Jenis Cold storage




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp