5 Alasan Pentingnya Membuat Business Plan

By. Hanief - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Business plan atau juga dapat disebut sebagai rencana bisnis adalah sebuah dokumen yang menjadi hal penting sebelum memulai sebuah bisnis. Pada dokumen tersebut didalamnya terdapat beberapa aspek eksternal dan internal yang terkait dengan operasional usaha yang dijalankan.

Rencana bisnis juga meliputi tujuan yang ingin dicapai dari sebuah bisnis. Rencana bisnis mencakup target jangka pendek, menengah, dan panjang, cara mencapai tujuan tersebut, termasuk juga solusi terhadap setiap kendala yang nantinya muncul. Berikut ini 5 alasan pentingnya membuat bisnis plan untuk memulai suatu bisnis.

 

Baca juga: 5 Pertanyaan yang Sering Diajukan Pembeli di Toko Online

 

1. Mengawali sebuah bisnis

Rencana bisnis sebaiknya disusun selengkap dan sedetail mungkin. Semakin lengkap dan detail rencana bisnis yang dibuat, maka akan semakin membuktikan bahwa bisnis yang anda jalankan serius dan terarah sehingga akan semakin mudah untuk menjalankan roda bisnis.

Rencana bisnis yang baik dapat meningkatkan peluang untuk mengembangkan dan menumbuhkan bisnis yang dijalankan.

 

2. Mencari sumber dana

Rencana bisnis juga dapat bermanfaat untuk mendatangkan investor yang akan memodali bisnis anda. Rencana bisnis secara tidak langsung dapat menjadi proposal atau dokumen untuk mendapatkan pendanaan. Sumber dana yang dimaksud disini didapat dari pihak lain seperti investor, maupun perbankan.

 

Baca juga: Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketer di Dunia E-Commerce

 

3. Membuat bisnis lebih fokus dan terarah

Rencana bisnis dapat membuat bisnis yang anda jalankan lebih fokus dan terarah, sehingga dapat meningkatkan peluang tercapainya tujuan bisnis sesuai target yang telah ditetapkan. Bisnis yang anda jalankan juga dapat berkembang dengan baik.

 

4. Memprediksi masa depan

Rencana bisnis juga dapat digunakan untuk memprediksi masa depan bisnis yang anda jalankan. Saat menyusun rencana bisnis, maka anda juga akan membuat gambaran jangka pendek, menengah, dan jangka panjang dalam bisnis anda.

 

5. Menaikkan level bisnis

Rencana bisnis juga dapat meningkatkan peluang untuk menaikkan level bisnis yang anda jalankan ketingkat yang lebih tinggi.

 

Itu tadi beberapa alasan pentingnya membuat business plan untuk memulai suatu bisnis.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Meningkatkan Daya Saing UMKM: Strategi Bisnis Digital melalui Website Efisien




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp