Kamu Harus Tahu 5 Tahapan Ketika Melakukan Listing Produk !

By. Syaiful Wahyu - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

Webplus.id – Pasar modern (modern market) seperti swalayan, supermarket dan ritel modern lainnya dirasa mampu menjadi media untuk memasarkan produk serta mengenalkan produk kepada mayarakat luas. Namun untuk dapat memasukkan produk di pasar swalayan ternyata diperlukan cukuop banyak berkas serta proses yang terkadang memakan waktu yang lama. Lalu apa saja tahapan dalam melakukan listing produk ke pasar modern, simak penjelasan berikut.

Baca juga : Ini Dia 10 Hal yang Diperlukan untuk Menjadi Distributor

Umumnya, ritel modern yang berjejaring memiliki bagian pembelian secara terpusat. Namun, ada pula perusahaan ritel modern yang menetapkan kebijakan bahwa di kantor pusat, para supplier cukup mendaftarkan item produk dan kode suppliernya. Selanjutnya, supplier dipersilahkan untuk memasok produk ke masing-masing cabang ritel tersebut.

Perusahaan ritel modern ada yang milik perorangan maupun perseroan. Pada perusahaan ritel modern milik perorangan, permohonan untuk memasukkan produk jauh lebih mudah. Pemohon hanya perlu secara langsung datang kepada pemilik ritel atau petugas toko. Namun, proses permohonan untuk ritel modern milik perseroan jauh lebih rumit.

Agar proses memasukkan produk ke ritel modern bisa berhasil, maka langkah pertama adalah dengan menghubungi bagian pembelian dari pasar modern tersebut. Bagian ini akan mengambil kebijakan untuk menerima atau menolak produk yang ditawarkan pada perusahaan ritel masing-masing. Bagian pembelian ini juga yang akan menentukan pasokan barang yang harus disediakan oleh pemohon. Dalam proses permohonan memasok produk, hendaknya pemohon mempersiapkan contoh produk. Secara lebih rinci, berikut ini cara atau mekanisme dalam memasok produk di minimarket, supermarket, dan hypermarket.

Baca juga : 3 Previlege Menjadi Seorang Distributor !

1. Bawa surat permohonan dilengkapi dengan persyaratan yang diminta dan contoh produk ke bagian penjualan perusahaan ritel modern.

2. Setelah masa tunggu, permohonan yang disetujui akan diberikan purchase order (PO) oleh pihak manajemen ritel modern sebagai dasar penagihan.

3. Pihak pemohon akan mendapatkan beberapa data terkait waktu pengiriman dan banyak produk yang harus dipasok.

4. Pemohon akan diberi tahu jangka waktu pembayaran dan metode pembayaran yang digunakan.

5. Pemohon akan mendapatkan listing fee yang telah ditetapkan oleh perusahaan ritel modern. Setelah pembayaran listing fee, pemohon akan mendapatkan nomor supplier dan nomor registrasi produk.

Nah demikian tadi tahapan yang harus dilakui ketika kita hendak memasukkan produk kita di pasar modern. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari kami.

Baca juga : 6 Persiapan Menjual Produk di Supermarket




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp