Tips Mengolah Frozen Food Supaya Bebas Bakteri

By. Syaiful Wahyu - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

Webplus.id - Makanan beku atau frozen food merupakan masakan yang belakangan ini mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia. Frozen food menjadi opsi makanan pilihan yang praktis dan mudah, sehingga cocok untuk orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk memasak. 

Baca juga: 5 Langkah Manajemen Gudang Beras Agar Tetap Terjaga

Pembekuan makanan dapat digunakan untuk mengawetkan makanan selama berbulan-bulan jika diinginkan. 

Makanan beku banyak digunakan oleh orang yang berbeda di seluruh dunia. Ini dianggap sebagai makanan yang kuat dan ekonomis serta mudah diproses.

Makanan beku pada proses pembuatannya memang dimaksudkan untuk dibekukan, jadi langkah-langkah harus diambil sebelum memasak untuk memastikan bahwa makanan beku aman untuk dikonsumsi.

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memasak makanan beku, tentu Anda harus mencairkannya terlebih dahulu.

Penting, jangan mencairkan makanan beku pada suhu ruangan!

Kesalahan paling umum yang dilakukan orang adalah mencairkan pada suhu ruangan. Makanan yang sangat tinggi protein dan lemak harus dicairkan dengan cepat dengan mengukusnya dalam kemasan kedap air selama beberapa menit. Alternatifnya adalah meletakkannya di rak paling bawah lemari es Anda.

Mengandalkan suhu ruangan untuk mencairkan makanan beku menyebabkan makanan memanas dengan lambat dan tidak merata. Akibatnya, porsi makanan yang cukup hangat dapat mengaktifkan kembali bakteri dan memungkinkannya berkembang biak. Saat menjadi cair, makanan tersebut sudah terkontaminasi bakteri. 

Baca juga: 5 Hal Seputar Produk Knowledge yang Harus Kamu Tahu !

Adapun cara paling mudah untuk mencairkan daging beku adalah dengan meletakkannya di rak paling bawah lemari es. Rak paling bawah kulkas tidak sehangat suhu ruangan, tapi masih kurang dari 5 derajat Celcius. Suhu ini mencegah pertumbuhan bakteri patogen seperti Salmonella. 

Metode ini mungkin sedikit memakan waktu, tetapi ini menjadi cara paling baik untuk mencegah bakteri berbahaya menumpuk di produk frozen food. Mudahnya, makanan beku mencair setelah 12 jam, sehingga Anda dapat mengandalkannya dalam semalam.

Makanan yang dicairkan di rak paling bawah lemari es harus diproses segera setelahnya. Meski bakteri tidak dapat tumbuh pada suhu di bawah 5 derajat Celcius, tetapi jamur dapat bertahan hidup dan berkembang. Sebaiknya jangan menyimpan makanan tinggi protein dan tinggi lemak di rak paling bawah terlalu lama. 

Dalam hal memasak, yang tidak kalah penting adalah imbauan supaya Anda jangan terlalu mengandalkan microwave. 

Mencairkan makanan beku dalam microwave adalah metode tercepat, tetapi bisa jadi tidak merata. Selain itu, cairan yang dihasilkan dapat menempel pada permukaan baki microwave. Bakteri akan tumbuh di permukaan tersebut jika tidak segera dibersihkan.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menunggunya di rak paling bawah lemari es, Anda dapat menggunakan microwave untuk memasaknya dengan cepat, meskipun belum dicairkan.

Baca juga: 3 Kategori Perlengkapan untuk Membuka Restoran




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp