3 Kategori Perlengkapan untuk Membuka Restoran

By. Syaiful Wahyu - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

Webplus.id – Setiap restoran/warung makan tentu saja membutuhkan berbagai peralatan untuk mulai beroperasi, mulai dari perlengkapan dapur, perlengkapan penyajian dan peralatan pendukung lainnya. lalu apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuka restoran, simak uraian berikut ini.

Baca juga : 3 Previlege Menjadi Seorang Distributor !

1. Peralatan dapur

Bisnis kuliner tentu saja tidak dapat dipisahkan dari kehadiran peralatan dapur. Dalam mempersiapkan peralatan dapur tidak bisa sembarangan, karena tiap jenis alat memiliki fungsinya masing-masing. Usahakan untuk menggunakan alat dapur sesuai dengan fungsinya agar lebih optimal. Beberapaperalatan dapur yang wajib hadir di suatu restoran adalah sebagai berikut.

-Kompor. Sebagai peralatan paling utama dalam menunjang bisnismu, kompor yang kamu perlukan tentunya berbeda dengan yang kamu gunakan di rumah. Spesifikasi yang dibutuhkan juga harus disesuaikan dengan jenis bisnis yang kamu jalankan.

-Panci. Peralatan dapur selanjutnya adalah panci dan penggorengan. Banyaknya jenis & ukuran terkadang membuat kita bingung untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu dan usahakan untuk membeli dalam jumlah lebih, supaya kamu bisa bekerja lebih efisien, mengingat kompor yang kamu gunakan juga memiliki lebih dari 1 tungku.

-Pisau. Memotong daging, buah, dan juga sayuran ternyata tidak bisa menggunakan sembarang pisau. Setiap pisau memiliki kegunaan masing-masing. Oleh karena itu, pilih pisau sesuai fungsinya. Jangan gunakan satu pisau untuk berbagai kebutuhan sekaligus ya, karena terkadang aromanya tidak mudah hilang dan akan berpengaruh ke masakan kamu nanti.

-Spatula. Membolak-balikkan makanan saat memasak lebih mudah menggunakan spatula yang tepat. Spatula juga memiliki banyak macam; ada yang terbuat dari kayu, silikon, dan juga stainless.

Baca juga : Kamu Harus Tahu 5 Tahapan Ketika Melakukan Listing Produk !

2. Peralatan Pendukung

Peralatan pendukung ini diperlukan terutama untuk kamu yang memiliki bisnis kuliner yang menyediakan layanan dine-in atau makan di tempat. Selain untuk menampilkan produk agar lebih menarik, juga untuk kenyamanan pelanggan saat makan. Peralatan pendukung tersebut meliputi etalase atau showcase, tisu dan tusuk gigi.

3. Wadah Penyajian atau Peralatan Makan

Selain peralatan dapur, perlengkapan untuk penyajian pun tidak kalah penting karena dapat membuat pelanggan merasa puas dan tidak ragu untuk datang kembali. Dalam hal ini, wadah penyajian berupa piring, sendok, garpu, mangkuk, dan sebagainya, bisa juga kamu sesuaikan dengan tema bisnis kulinermu.

Itu dia beberapa perlengkapan bisnis kuliner yang perlu kamu pertimbangkan keberadaannya. Usahakanlah untuk memilih perlengkapan yang berkualitas dan awet. Jangan lupa juga sesuaikan dengan anggaran yang sudah kamu buat, ya!

Baca juga : 5 Tips Jitu Listing Produk di Pasar Modern




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp