5 Tips Jitu Listing Produk di Pasar Modern

By. Syaiful Wahyu - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

Webplus.id - Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan pasar modern seperti swalayan, supermarket dan minimarket semakin menjamur di Indonesia. Tidak sedikit pula produsen yang tertarik untuk dapat memasarkan produknya di pasar modern tersebut. Namun utuk dapat memasarkan produk kita ke pasar modern tidak mudah, ada banyak berkas persyaratan dan persyaratan penunjang lain yang cukup ribet. Selain itu, pihak ritel juga sering memiliki kualifikasi tersendiri dalam menentukan produk apa yang hendak dipasarkan. Lalu bagaimana tips agar produk kita dapat masuk di pasar modern seperti swalayan, supermarket maupun minimarket, simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Kamu Harus Tahu 5 Tahapan Ketika Melakukan Listing Produk !

1. Awali dengan Produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG)

Tidak banyak produk yang bisa masuk ke pasar modern, karena setiap perusahaan pastinya mempertimbangkan dari sudut pandang permintaan pelanggan. Produk FMCG merupakan salah satu produk yang tidak akan ada habisnya karena terus dicari oleh pelanggan. Produk-produk yang banyak dicari konsumen akan menjadi perhatian oleh manajemen pasar modern. Supplier yang masuk dengan produk FMCG, kemungkinan besar akan diterima oleh perusahaan ritel modern dibandingkan dengan produk-produk lainnya. Setelah produk FMCG bisa masuk, maka secara perlahan bisa memasukkan produk-produk dari sektor lain.

2. Memberi Tawaran untuk Konsinyasi

Ketika menitipkan produk ke ritel modern, pembayaran yang digunakan secara umum adalah dengan cara tunai atau dengan cara kredit. Namun, beberapa ritel mensyaratkan konsinyasi atas produk yang sudah dipasok. Cara ini bisa dibilang ideal untuk pertama kali memasukkan produk ke ritel modern. Konsinyasi merupakan sistem pembayaran yang dihitung atas sejumlah barang yang laku saja pada periode tertentu.

3. Menggunakan Strategi Bundling

Produk bundling memiliki kekuatan, yaitu menggabungkan brand produk yang lemah dengan brand produk yang kuat. Cara ini telah dilakukan banyak perusahaan untuk mengantisipasi jika produknya tidak bisa masuk ke pasar modern karena kalah bersaing dengan kompetitor. Strategi ini cocok bagi perusahaan yang sudah memiliki produk di pasar modern dan ingin mengenalkan produk baru.

Baca juga : 6 Persiapan Menjual Produk di Supermarket


4. Gunakan Distributor

Memasok produk ke pasar modern seperti supermarket secara mandiri bisa jadi mahal dan sangat sulit. Salah satu strategi yang bisa dicoba adalah menyerahkan produk kepada distributor. Perusahaan distribusi merupakan perusahaan yang sudah ahli dalam penyaluran barang karena sudah siap dengan perangkat distribusi yang dimilikinya. Selain itu, perusahaan distribusi pada umumnya sudah menjalin hubungan baik dengan banyak perusahaan ritel modern.

5. Gunakan Grosir

Strategi cerdik selanjutnya yang bisa digunakan untuk memasukkan produk ke pasar ritel dengan mudah dan dan cepat adalah meminta bantuan para grosir yang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan ritel modern. Beberapa grosir memang sudah menjalin kerjasama dengan beberapa ritel modern, bahkan ada banyak perusahaan ritel modern yang bergantung dengan grosir dalam menyediakan kebutuhan produk-produknya. Namun, kelemahan strategi ini adalah perusahaan harus menyediakan diskon untuk para grosir.

Nah itu tadi kelima strategi jitu agar produk kita dapat dijual di pasar modern terkhusus di swalayan. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari kami.

Baca juga : 3 Previlege Menjadi Seorang Distributor !




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp