Ini Dia 5 Cara Mengatur Rak Toko

By. Hanief - 15 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Mengatur penempatan rak toko bukanlah hal yang mudah. Penempatan produk harus dirancang sedemikian rupa agar pembeli dapat menemukan produk yang dibutuhkan dengan mudah.

Display produk yang menarik di depan toko maka meningkatkan peluang menarik calon pembeli untuk mampir. Penting juga untuk menunjukkan identitas toko untuk menunjukkan brand dan produk apa yang dijual. Berikut ini 5 cara mengatur rak toko.

 

Baca juga: Ini Dia 4 Alasan Melakukan Giveaway

 

1. Pahami denah toko

Sebelum mengatur rak toko maka terlebih dahulu harus memahami denah toko. Memanfaatkan ruang secara maksimal harus dilakukan untuk penataan rak toko. Apabila kamu sudah memahami denah toko maka akan lebih mudah untuk merancang desain rak dan display.

 

2. Rencanakan dan rancang penempatan produk

Merencanakan dan merancang penempatan produk merupakan hal yang tidak kalah penting. Apabila kamu salah langkah dalam membuat rancangan penempatan produk, maka akan berpengaruh terhadap penjualan produk.

Kamu dapat juga menempatkan produk-produk kecil yang menarik didekat kasir sehingga membuat pembeli tertarik untuk mengambilnya ketika akan bertransaksi. Ukuran produk yang kecil tersebut juga memudahkan pembeli untuk menambahkannya ke kantong belanja.

 

3. Simpan produk musiman di depan

Produk musiman adalah produk yang sedang tren atau dibutuhkan pada bulan-bulan tertentu. Misalnya saat musim hujan, maka produk-produk seperti jas hujan, payung, dan produk terkait lainnya dapat dipajang didepan. Menyimpan produk musiman dibagian depan toko dapat meningkatkan penjualan.

 

Baca juga: Mengapa Mendengarkan Pelanggan adalah Kunci Kesuksesan Bisnis Anda

 

4. Tempatkan produk terbaik di sebelah kanan

Sebagian orang biasanya berjalan kaki ke arah kanan saat memasuki toko. Pastikan penempatan produk yang terbaik ada disebelah kanan.

Cara mengatur rak toko dapat disesuaikan dengan menempatkan produk-produk dengan margin keuntungan tinggi pada rak sebelah kanan. Hal ini dapat meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan kebiasaan orang.

 

5. Kelompokkan produk berdasarkan kategori

Cara mengatur rak toko selanjutnya adalah dengan mengelompokkan produk berdasarkan kategorinya. Kamu terlebih dahulu perlu mempelajari karakteristik produk yang akan dijual agar dapat menentukan kategori yang tepat.

 

Itu tadi beberapa cara mengatur rak toko. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: 5 Manfaat Promosi untuk Usaha




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp