7 Aplikasi di Smartphone yang Wajib Dimiliki Seller Olshop

By. Hanief - 15 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Saat ini bisnis online semakin digemari karena kemudahan dalam mengelolanya. Kemajuan teknologi sangat berkontribusi dalam membangun pengalaman baru dalam berbisnis.

Kemudahan berbisnis online karena perkembangan teknologi dan didukung juga oleh munculnya berbagai aplikasi di smartphone. Berikut ini adalah 10 aplikasi di smartphone yang wajib dimiliki oleh seller olshop.

 

Baca juga: 5 Manfaat Promosi untuk Usaha

 

1. Aplikasi media sosial

Media sosial menjadi salah satu pilihan untuk seller sebagai tempat berjualan. Berjualan di media sosial memberikan kemudahan akses dan juga registrasi yang gratis sehingga digemari oleh seller.

Beberapa media sosial saat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang dikhususkan untuk berjualan online. Pembeli juga dimudahkan oleh fitur belanja online dari media sosial karena hanya dalam satu kali klik, pembeli dapat langsung mendapatkan barang yang mereka cari.

 

2. Aplikasi desain grafis

Teknik foto yang baik saja masih belum cukup dalam berjualan produk secara online. Aplikasi desain grafis juga sangat diperlukan untuk mempertegas warna, menambah layout yang menarik dan dapat juga digunakan untuk menambah elemen lain pada foto produk.

Penambahan watermark juga sangat diperlukan agar foto produk yang kamu jual tidak dicuri ataupun disalahgunakan oleh pihak lain.

 

3. Aplikasi social media marketing

Aplikasi social media marketing dapat membantu seller dalam mengatur profil, menjadwalkan post, memposting konten secara otomatis, dan juga auto reply. Rekomendasi aplikasi social media marketing yang bisa kamu coba: Hootsuite, Buffer, Social Baker, Sprout Social.

 

Baca juga: 10 Kemitraan dengan UMKM yang Efektif Kembangkan Bisnismu

 

4. Aplikasi chatting

Aplikasi chatting dapat digunakan untuk tetap menjalin hubungan baik dengan para pelanggan yang sudah pernah membeli sebelumnya dengan cara mengirimkan informasi mengenai produk baru, pre-order ataupun promo yang sedang diadakan.

Jangan gunakan akun chatting prinbadi untuk mengelola olshop agar terlihat professional dan data pribadi yang kamu miliki tidak tersebar luas. Rekomendasi aplikasi chatting yang banyak digunakan olshop antara lain WhatsApp, LINE, dan Messenger.

 

5. Aplikasi mobile banking

Aplikasi mobile banking dapat membuat seller mengetahui setiap transferan yang masuk dan yang keluar., sehingga setiap transaksi terekam dengan baik dan dikabarkan secara real time.

Mobile banking juga dapat mencegah terjadinya penipuan bukti transaksi palsu karena seller dapat langsung mengecek jumlah saldo saat itu juga.

 

6. Aplikasi tracking paket

Bisnis online shop membutuhkan partner jasa ekspedisi untuk mengirim dan menerima paket. Aplikasi tracking paket dapat digunakan untuk melacak dan memonitor sendiri paket customer mulai dari paket di pick up hingga paket sampai tujuan.

 

7. Aplikasi marketplace

Bergabung dengan berbagai marketplace dapat membuat toko online semakin dikenal oleh masyarakat. Aplikasi marketplace dilengkapi oleh berbagai fitur yang akan mempermudah seller dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis online mereka.

 

Itu tadi beberapa aplikasi di smartphone yang wajib dimiliki seller olshop.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Ini Dia 5 Cara Mengatur Rak Toko




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp