8 Tips Mencari Produk yang Sedang Tren di Pasaran

By. Hanief - 16 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Saat kamu sedang menjalankan bisnis atau memiliki rencana untuk memulai bisnis, maka kamu harus mengetahui mengenai tips, trik, dan cara mencari produk yang sedang tren dipasaran. Berikut ini 8 tips mencari produk yang sedang tren dipasaran.

 

Baca juga: 4 Alasan Butuh Content Creator dalam Promosi Bisnis

 

1. Indentifikasi usaha yang sedang tren

Sebelum memulai sebuah bisnis maka kamu harus memilih jenis usaha tertentu untuk dijalankan, maka kamu dapat mengecek terlebih dahulu jenis usaha apa yang sedang tren akhir-akhir ini.

Bisnis usaha yang sedang tren memiliki target pasar yang luas. Tren dari suatu jenis usaha berarti usaha tersebut sedang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

 

2. Menggunakan Google Trends

Google Trends dapat digunakan untuk mengetahui jenis usaha yang sedang tren. Fitur ini dapat memberikan informasi mengenai kata kunci apa yang paling banyak dicari oleh pengguna internet dalam suatu negara.

Kamu dapat menulis kata kunci pada google trends kemudian google akan menunjukkan grafik tentang seberapa populer produk ini lengkap dengan daerah mana yang paling banyak membutuhkannya.

 

3. Riset keyword di google

Kamu dapat mengetahui tren dengan melakukan riset keyword di Google. Halaman google akan menampilkan keyword lain yang relevan yang nantinya dapat kamu tambahkan ke caption saat promosi online agar bisnismu muncul di hasil pencarian dan dapat di klik calon customer.

 

4. Menggunakan kuesioner

Kuesioner dapat dibuat dengan sederet pertanyaan terkait dengan bisnis yang kamu jalankan dan membagikannya hanya pada target pasar yang sudah ditentukan.

Kuesioner tidak harus menggunakan lembaran kertas dan dibagikan, tetapi dapat secara online menggunakan google form atau sejenisnya kemudian dibagikan di media sosial.

 

5. Mencermati iklan di surat kabar

Kamu dapat cek iklan apa yang sedang muncul di surat kabar akhir-akhir ini untuk mengetahui produk yang paling ramai dibicarakan oleh masyarakat.

 

Baca juga: 5 Istilah Keuangan yang Ada Dalam Dunia Bisnis

 

6. Mengecek review produk

Apabila kamu memiliki toko online di marketplace, maka kamu harus rajin mengecek review pelanggan untuk mengetahui produk yang paling laris dan disukai pelanggan.

 

7. Menggunakan tool riset berbayar

Apabila kamu ingin mendapatkan hasil riset yang lebih valid dan akurat, maka kamu dapat menggunakan tool reset berbayar.

Tool jenis ini akan memberikanmu data yang detail dan lengkap mulai dari produk apa yang sedang tren, angka penjualan dari produk tersebut, dan berbagai data statistik lain terkait dengan produk.

 

8. Survei produk di marketplace

Kamu dapat mengecek terlebih dahulu marketplace apa yang paling diminati masyarakat, kemudian kamu dapat cek kategori produk terlaris yang pada umumnya sudah otomatis ada di halaman utama.

Kamu juga dapat mendapatkan informasi mengenai harga produk dan review produk dari customer kompetitor.

 

Itu tadi beberapa tips mencari produk yang sedang trend di pasaran.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Alternatif Berjualan yang Tidak Hanya Terbatas pada TikTok




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp