Begini Cara Mendapatkan Modal untuk Bisnis Anda !

By. Hanief - 22 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Modal usaha merupakan hal vital untuk memulai suatu usaha/bisnis. Tanpa kehadiran modal, usaha atau bisnis akan mengalami kendala terutama kendala untuk merencanakan dan mempromosikan produk. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan modal untuk bisnis kita, simak uraian berikut ini.

 

Baca juga : Mengapa Penanaman Modal Asing Harus Dalam Bentuk PT ?

 

1. Keluarga

Tak ada salahnya untuk meminjam modal dari keluarga atau orangtua. Pinjaman keluarga ini relatif fleksibel dan tidak memerlukan banyak persyaratan, biasanya mengandalkan kepercayaan. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap bersikap profesional. Buatlah surat perjanjian yang berisi skema pengembalian dana, jatuh tempo, konsekuensi, dan ketentuan lain yang mengikat kedua belah pihak.

 

2. Tabungan pribadi

Mengumpulkan tabungan pribadi merupakan cara paling simpel sekaligus sering diterapkan dalam menemukan modal. Namun, cara ini akan membutuhkan waktu yang lama.

 

3. Micro-financing

Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah micro-financing. Biasanya, platform yang menyediakan micro-financing menerapkan syarat relatif mudah. Selain itu, jangka waktu yang ditetapkan pun fleksibel, bisa disesuaikan dengan pemasukan usaha. Meski begitu, jumlah yang diberikan cukup signifikan sehingga cocok bagi bisnis dengan pemasukan stabil.

 

Baca juga : Tahukah Berapa Modal Minimal Tranksaksi di Pasar Bursa ?

 

4. Angel Investor

Jika Anda memerlukan modal yang lebih besar, maka Anda bisa mencari Angel Investor. Umumnya, Angel Investor bersedia memberikan modal pada bisnis yang baru dirintis. Pertimbangannya adalah bisnis yang mereka danai memang memiliki potensi besar untuk berkembang. Untuk jumlah modal yang diberikan sangat bervariasi, mulai dari Rp50 juta hingga Rp3,5 miliar.

 

5. Venture Capital dan Impact Investor

Jika bisnis Anda sudah memiliki pemasukan yang stabil dan basis pelanggan cukup besar, bisa mendapatkan modal tambahan dari Venture Capital atau Impact Investor. Perlu diingat, kedua sumber modal tersebut menuntut kerja sama yang profesional. Jadi, pastikan Anda sudah memiliki rancangan bisnis yang kuat jika mengajukan permintaan modal kepada Venture Capital atau Impact Investor.

 

Nah itu tadi beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari kami.

 

Baca juga : 4 Manfaat Dari Menggunakan Influencer Marketing untuk Bisnis




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp