Berikut 6 Keuntungan Dari Supplier Relationship Management (SRM)

By. Hanief - 29 Apr 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Dalam menjalani bisnis, ada strategi yang disebut sebagai Supplier Relationship Management yang penting dalam keberlangsungan operasional bisnis atau perusahaan. Pengelolaan Hubungan dengan Pemasok (Supplier Relationship Management) adalah pendekatan krusial dalam pengelolaan rantai pasokan bisnis. Fokus utamanya adalah membangun hubungan yang berkelanjutan antara perusahaan dan pemasoknya dengan tujuan menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan.

 

Supplier Relationship Management atau bisa disingkat dengan SRM, dapat bermanfaat dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keunggulan bersaing dalam bisnis.

 

Jadi, apa saja manfaat atau keuntungan utama dalam menerapkan strategi SRM ini bagi perusahaan maupun pelaku bisnis? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut.

 

Baca juga: Perlu Diketahui Definisi dan Pentingnya Supplier Relationship Management (SRM)

 

1. Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan

Dengan menerapkan Supplier Relationship Management, perusahaan dapat memastikan kualitas produk dan layanan yang lebih tinggi dari supplier atau pemasok. Kolaborasi yang kuat dengan pemasok memungkinkan perusahaan untuk memastikan bahwa bahan baku atau layanan yang diberikan memenuhi standar kualitas dan kinerja yang diharapkan. Hal ini kemudian akan berdampak pada perbaikan kontinu dalam produk dan layanan yang ditawarkan kepada pelanggan.

 

2. Efisiensi Operasional yang Lebih Baik

Supplier Relationship Management dapat membantu perusahaan mengelola rantai pasokan (supply chain) dengan lebih efisien. Dengan memantau persediaan, perencanaan produksi, dan logistik, perusahaan dapat mengoptimalkan proses bisnis mereka. Kemudian, hal ini akan berdampak pada pengurangan biaya produksi dan meningkatkan produktivitas, yang pada akhirnya menghasilkan penghematan yang signifikan.

 

3. Manajemen Risiko

Menerapkan pendekatan SRM tentunya bermanfaat bagi perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko yang mungkin timbul. Dengan mengelola hubungan yang baik dengan pemasok, perusahaan dapat mengidentifikasi dan mengurangi risiko yang terkait dengan pasokan, seperti perubahan harga, gangguan pasokan, atau masalah kualitas. Manajemen risiko yang baik adalah kunci untuk menjaga kontinuitas operasional perusahaan.

 

Baca juga: Perlu Kamu Tahu 6 Peran Kerja Supplier dalam Perkembangan Bisnis

 

4. Inovasi dan Pengembangan Produk

Melalui kolaborasi yang baik dengan supplier, pemasok dapat memberikan ide-ide inovatif untuk menciptakan inovasi produk yang dapat meningkatkan produk atau proses produksi perusahaan. Pemasok yang berkomitmen untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan produk bersama-sama dengan perusahaan dapat membantu menciptakan produk baru yang memenuhi permintaan pasar. Inovasi ini dapat memberikan keunggulan dari pesaing lainnya dan memungkinkan perusahaan untuk selalu menjadi pemimpin dalam industri mereka.

 

5. Penghematan Biaya

Dengan memahami supplier yang bekerja sama secara lebih baik, perusahaan dapat melakukan negosiasi harga dan mengidentifikasi peluang penghematan biaya lainnya. SRM membantu dalam manajemen biaya secara keseluruhan dengan memastikan bahwa perusahaan mendapatkan nilai terbaik dari setiap transaksi dengan pemasok. Menerapkan SRM ini juga membuat perusahaan  dapat meminimalkan biaya yang terkait dengan proses pembelian.

 

6. Pengembangan Hubungan Jangka Panjang

Mengembangkan hubungan jangka panjang dengan pemasok adalah tujuan utama dari penerapan Supplier Relationship Management. Dengan menjalin hubungan yang baik, perusahaan dapat membangun kepercayaan, loyalitas, dan saling menguntungkan antara pihak-pihak yang terlibat. Hubungan yang baik dapat menghasilkan kerja sama yang lebih kuat dan berkelanjutan.

 

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat diketahui bahwa menerapkan Supplier Relationship Management mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan maupun pelaku bisnis. Dengan berfokus pada kualitas produk, efisiensi operasional, manajemen risiko, inovasi, penghematan biaya, dan pengembangan hubungan jangka panjang, SRM membantu perusahaan untuk mengamankan dan meningkatkan keberlanjutan operasional mereka dalam jangka waktu panjang.

 

Demikian pembahasan tentang keuntungan yang didapatkan dari menerapkan strategi Supplier Relationship Management, semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan. Sekian dan terima kasih.

 

Baca juga: Berikut Peran dan Tanggung Jawab Dari Customer Service




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp