Beberapa Cara Mengurangi Kecemasan

By. Aditya Reyhan Y W - 20 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Kecemasan merupakan sebuah kekhawatiran disertai rasa takut yang intens, berlebihan, dan terus-menerus sehubungan dengan situasi sehari-hari. Kecemasan dapat mengarah pada gangguan psikologis jika terjadi dalam waktu yang cukup lama serta mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Namun, rasa cemas dapat bersifat normal jika berada pada situasi yang menegangkan misalnya berbicara di depan umum atau mengerjakan ujian. Untuk meredakan rasa kecemasan, berikut adalah 6 cara yang bisa diterapkan:

Baca juga: Ketahui Bahaya Kesepian bagi Kesehatan Mental!

1. Teknik Pernapasan

Melatih pernapasan dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis kita dan memberikan sinyal kepada otak bahwa kita aman. Langkah pertama, Tarik napas dalam-dalam selama 3 detik, kemudian tahan selama 1 detik. Kemudian hembuskan napas dalam-dalam secara perlahan selama 6 detik. Ulangi sebanyak 8 kali dan perasaan cemas yang kamu rasakan akan berkurang.

2. Jalan-Jalan

Berjalan dapat membantu meredakan kecemasan dan menimalkan perasaan negatif yang dimiliki. Kamu bisa berjalan-jalan sendiri atau bersama orang lain sambil mendengarkan suara di sekitar atau mendengarkan musik favorit. Kamu juga bisa jogging atau bersepeda.

3. Journaling

Menulis jurnal atau menulis bebas di buku catatan terbukti dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan. Dalam menulis jurnal, kamu bisa menuliskan kecemasanmu atau pikiran yang mengganggu atau hal positif yang kamu rasakan.

4. Minyak Aromatik

Wangi yang ada pada minyak aromaterapi dapat merangsang reseptor hidung dan mengirim sinyal ke sistem saraf yang menghasilkan efek menenangkan. Wewangian yang direkomendasikan untuk mengatasi kecemasan yaitu Lavender atau Valerian.

Baca juga: Mengenal Kepribadian INTP Sang Ahli Bermain Logika

5. Menantang Pikiran

Teknik ini termasuk kedalam cognitive behaviour therapy (CBT) dimana kamu mencari bukti untuk pikiranmu yang tidak membantu dan menantang. Dalam hal mengatasi kecemasan, penting untuk menantang pikiran yang tidak membantu dan menghasilkan alternatif yang lebih rasional. Pikiran yang tidak membantu mempengaruhi perasaan dan tindakan kita terhadap suatu situasi.

6. Mencari hal lucu

Melihat hal-hal lucu atau yang membangkitkan humor tentu saja dapat membantu mengatasi kecemasan dengan menghilangkan ketegangan yang dirasakan dan mengganti perasaan negatif tersebut kepada perasaan yang lebih ringan dan positif. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menemui hal lucu adalah dengan menonton video atau tayangan komedi kesukaannmu.

Pengalaman yang dimiliki setiap orang berbeda-beda dan unik. Oleh karena itu bisa jadi beberapa cara diatas mungkin tidak relevan dengan situasi tertentu. Namun, kamu juga bisa mencari cara sendiri untuk mengatasi kecemasanmu. Jika kamu mengalami perasaan cemas yang intens dan mempengaruhi aspek utama kehidupanmu selama berbulan-bulan, jangan ragu untuk mengunjungi professional agar mereka dapat membantumu meredakan kecemasan yang kamu alami. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Kepribadian Ambivert




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp