5 Ragam Makanan Khas Jawa Tengah dari Singkong, Simak Yuk!

By. Aditya Reyhan Y W - 21 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Ketela pohon atau lebih sering disebut sebagai singkong sudah lama dimanfaatkan sebagai salah satu sumber makanan pokok. Ada beragam olahan singkong bahkan menjadi makanan khas/ikonik daerah tersebut. Apa saja ragam masakan Jawa Tengah berbahan dasar singkong tersebut? Mari simak ulasannya.

Baca juga: Resep Rahasia Rendang yang Lezat

1. Gethuk

Makanan olahan dari singkong berikutnya adalah gethuk. Kepopuleran gethuk membuatnya mempunyai lagunya sendiri. Ya, sesuai dengan lagunya gethuk merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kuliner manis ini terbuat dari singkong yang sebelumnya direbus kemudian ditumbuk halus. Gethuk biasanya disajikan dengan sedikit taburan kelapa parut.

2. Tiwul

Kreasi olahan singkong satu ini merupakan makanan khas Gunungkidul. Tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Kuliner khas Indonesia ini mempunyai cita rasa manis khas singkong dengan warna kecokelatan. Biasanya tiwul juga bisa disajikan sebagai makanan pengganti nasi. Selain daerah Gunungkidul, masyarakat Wonosobo, Wonogiri, Pacitan, dan Blitar juga mengonsumsi makanan ini sehari-hari.

3. Sawut

Kuliner lainnya dari Jogja dan Jawa Tengah yang juga berbahan dasar singkong adalah Sawut. Kue ini banyak ditemui di pasar tradisional di Jogja. Terbuat dari pasahan singkong yang dikukus dengan gula jawa. Bisa juga gula jawa nya ini jadi topping. Sawut sendiri berasal dari bahasa Jawa, semrawut yang memiliki artian berantakan karena pembuatannya dipasah secara kasar.

Baca juga: Resep Nasi Goreng yang Lezat, Bisa Dicoba!

4. Jongkong Singkong

Di Semarang juga ada kue khas yang berbahan dasar singkong, namanya Jongkong. Singkong diparut kemudian ditambah dengan parutan daun kelapa, garam, dan juga air daun pandan. Bentuk adonan di daun pisang lalu berikan sisiran gula merah di dalamnya. Bungkus lalu kukus sampai matang. Bisa disajikan dengan parutan kelapa.

5. Klepon Singkong

Klepon adalah kue khas tradisional dari Jawa Tengah. Makanan ini biasanya berbahan dasar singkong dan tepung ketan. Adonan singkong dan tepung ketan kemudian diberi air perasan daun suji. Jika adonan sudah kalis, maka siap untuk dibentuk menjadi bulatan kecil dengan diberi isi gula merah di bagian tengahnya. Klepon singkong biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan taburan gula halus.

Nah itu tadi 5 makanan hasil olahan dari Singkong di Jawa Tengah. Semoga menambah wawasan kamu dan jangan lupa komen makanan olahan khas daerahmu ya!

Baca juga: Inilah 7 Tips Memulai Bisnis Makanan Ringan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp