4 Ciri-Ciri Kamu Memiliki Luka Inner Child

By. Aditya Reyhan Y W - 21 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Kondisi saat individu bertumbuh dewasa namun masih mengingat peristiwa serta emosi yang dialami saat masih kecil disebut juga dengan inner child. Inner child umumnya dikaitkan dengan peristiwa negatif yang menyebabkan luka dan trauma sehingga saat usia bertambah dan bertumbuh mereka masih merasa dikelilingi oleh bayangan masa lalu. Luka dan trauma yang dirasakan mungkin tidak disadari namun berperan mempengaruhi kepribadian di masa mendatang serta mempengaruhi cara pandang seseorang dalam menilai suatu hal.

Terdapat beberapa ciri bahwa kamu mungkin memiliki luka inner child yaitu:

Baca juga: Tips-Tips Menyembuhkan Luka Inner Child

1. Merasa ada yang Salah dengan Diri Sendiri

Kamu akan merasa apapun yang kamu lakukan selalu salah. Bisa jadi karena saat masih kecil, kamu sering mendapat penolakan dan ketidaksetujuan atas keputusan yang kamu ambil sehingga kamu menjadi kurang puas dengan langkah yang kamu ambil.

2. Keterikatan dengan Orang Lain

Kamu akan cenderung merasa terikat dengan seseorang yang spesial atau yang membuatmu nyaman dan akan selalu berusaha dekat dengannya meskipun berjauhan. Bisa jadi karena saat masih kecil kamu pernah mengalami trauma atau pernah kehilangan orang terdekat.

Baca juga: 5 Manfaat Hidup Minimalis bagi Kesehatan Mental, SImak Yuk!

3. Merasa Tidak Percaya Diri di Depan Umum

Kamu tidak menyadari kemampuann yang kamu miliki dan selalu merasa masih kurang sehingga menimbulkan perasaan tidak percaya diri mesikpun berada pada lingkungan yang suportif. Bisa jadi saat masih kecil kamu sering disalahkan atau mendapat kritik atas hal yang kamu lakukan dan tidak pernah mendapatkan apresiasi/pujian.

4. Krisis Kepercayaan

Kamu tidak bisa mempercayai ucapan ataupun tindakan yang dilakukan seseorang dan selalu merasa curiga. Bisa jadi saat masih kecil kamu pernah dibohongi atau dikecewakan seseorang yang sudah sangat kamu percaya.

Selain 4 ciri diatas, masih banyak lagi ciri lain seseorang yang memiliki inner child seperti perasaan takut diabaikan dan ketidakmampuan menyelesaikan masalah atau malah menghindar dari masalah. Berbagai gejala tersebut dapat dikaitkan dengan inner child namun juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lainnya. Sekian artikel mengenai ciri inner chid. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Ketahui Bahaya Kesepian bagi Kesehatan Mental!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp