Apa itu ISTP? Ini Dia Manusia si Problem Solver

By. Aditya Reyhan Y W - 22 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Tipe kepribadian ISTP merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI. MBTI merupakan singkatan dari (Myers-Briggs Type Indicator) yang merupakan tes psikologi yang dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myer untuk mengidentifikasi tipe kepribadian seseorang lalu membaginya kedalam 16 tipe. Ke-16 tipe tersebut memiliki empat skala dari Extraversion (E) - Introversion (I), Sensing (S) - Intuition (N), Thinking (T) - Feeling (F), dan Judging (J) - Perceiving (P).

Baca juga: 6 Kelemahan Sebagai Ekstrovert yang Harus di Ketahui

ISTP sendiri merupakan Introversion (I), Sensing (S), Thinking (T) dan Perceiving (P). Intovert (I) merupakan kepribadian yang mengisi energinya dengan cara menyendiri. Mereka menyukai kondisi yang tenang dan intim serta menyukai interaksi berkualitas dengan sedikit orang. Sensing (S) merupakan kepribadian yang cenderung realistis. Tipe sensing memandang dunia berdasarkan apa yang terlihat oleh mata. Mereka cenderung lebih praktis dan rasional dalam memandang dunia. Thinking (T) merupakan kepribadian yang logis dalam mengambil keputusan. Tipe thinking juga menggunakan kekuatan analisis berpikir dan konsisten dalam setiap pengambilan keputusan. Lalu Perceiving (P) merupakan kepribadian yang cenderung fleksibel, adaptif, bahkan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi maupun terlintas di pikiran sebelumnya.

Baca juga: Mengenal Kepribadian Paling Langka INFJ sang Idealis

Mereka yang berkepribadian ISTP dikenal sebagai pemecah masalah yang baik karena ISTP merupakan seseorang yang berorientasi pada hasil. ISTP dikenal objektif dan tidak suka membuat penilaian berdasarkan keyakinan atau nilai pribadi. ISTP akan melakukan yang terbaik agar dapat menilai sesuatu secara jujur dan terbuka. Kepribadian ISTP juga cenderung tenang saat menghadapi masalah yang membuatnya bisa berpikir jernih saat menghadapi masalah.

Seperti tipe kepribadian MBTI lainnya, dibalik kelebihan yang dimiliki, ISTP juga memiliki beberapa kekurangan. Kepribadian ISTP cenderung mudah bosan dan kurang peka dengan perasaan orang lain. Mereka juga cenderung menjauhkan diri dari emosi mereka sendiri dan mengabaikan apa yang mereka rasakan. Kondisi seperti itu memungkinkan mereka lebih rentan mengalami kelelahan mental. ISTP juga memiliki sifat pendiam yang membuatnya terlihat sulit untuk didekati, padahal sebenarnya ISTP adalah orang yang mudah beradaptasi.

Itu dia beberapa hal tentang tipe kepribadian ISTP. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Mengenal Kepribadian INTP Sang Ahli Bermain Logika




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp