Inilah 6 Camilan Mengandung Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

By. Aditya Reyhan Y W - 22 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat WebPlus! Kalian pasti suka makan makanan yang manis dan berminyak kan? Nah kalian harus mengontrol pemenuhan kebutuhan kalori kalian. Camilan memang membantu untuk pemenuhan kebutuhan kalori. Namun bagi kalian yang memiliki hobi ngemil (makan camilan) ada beberapa jenis camilan yang disarankan untuk dihindari.

Dalam artikel ini, kita akan merangkum daftar camilan yang memiliki  kolesterol tinggi.

Baca juga: Resep Rahasia Rendang yang Lezat

Tentu bukan rahasia lagi, kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu sejumlah masalah kesehatan. Kolesterol tinggi bahkan disebut sebagai salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak yang sebagian besar diproduksi pada organ hati. Sementara sebagian lainnya didapat dari makanan. Ada dua jenis kolesterol. Yakni kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Meski tak selalu memberikan dampak buruk, Anda tetap kudu mewaspadai asupan kolesterol berlebih. Salah satunya dari camilan yang dikonsumsi.

Dikutip WebPlus.id dari berbagai sumber, simak daftar camilan yang memiliki kolesterol tinggi.

Baca juga: Cara Membuat Tahu Crispy yang Renyah

1. Gorengan

Kenikmatan gorengan memang tidak diragukan lagi. Kentang goreng, tempe dan tahu goreng, pisang goreng, semuanya nikmat disantap bersama teh atau kopi.

Namun, sebaiknya makanan serba goreng (deep fried) dihindari karena mengandung kolesterol tinggi.

Berdasarkan keterangan Healthline, gorengan tinggi kalori dan mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas dan diabetes.

2. Yoghurt Jenis Full Fat

Meski kaya akan kandungan nutrisi, yogurt, terutama jenis full fat, tinggi akan kadar kolesterol. Dalam 245 gram full fat yogurt mengandung 31,8 mg kolesterol.

Sangat baik untuk mengurangi atau mengganti jenis yogurt yang dikonsumsi.

3. Roti Lapis Mentega

Lemak susu sebagian besar adalah lemak jenuh. Butter alias mentega yang merupakan produk turunan susu mengandung asam lemak jauh lebih tinggi dibanding susu biasa.

“Konsumsi mentega harus moderat untuk memungkinkan lemak sehat masuk ke dalam diet seseorang,” kata Kelly Jones, ahli diet, seperti dikutip dari All Recipes.

4. Popcorn

Nonton film atau serial tidak lengkap tanpa camilan berupa popcorn. Namun, hati-hari karena popcorn mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Popcorn kadang banyak mengandung mentega dan minyak hidrogenasi yang tinggi lemak trans. Popcorn tidak memberikan nutrisi apapun buat tubuh tetapi akan memicu risiko penyumbatan arteri.

“Cari versi rendah lemak atau buat sendiri. Dan hindari menambahkan mentega cair ke popcorn bioskop. Itu sudah tinggi lemak dari minyak yang digunakan dalam popper [alat pembuat popcorn],” jelas ahli diet dan penulis Lauren Harris-Pincus.

5. Sosis

Tak ada yang lebih praktis daripada sosis siap makan. Hanya saja, sosis merupakan camilan yang mengandung kolesterol.

Tak hanya sosis, daging olahan lain pun tinggi kolesterol seperti bacon dan hot dog. Jika dikonsumsi setiap hari dan berlebihan, makanan akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker termasuk kanker usus besar.

6. Cake dan Kukis

Camilan seperti cake, kukis, es krim, roti-roti banyak disukai karena rasanya manis. Padahal, mereka termasuk cemilan dengan kolesterol tinggi.

Selain kolesterol, camilan ini juga mengandung gula tambahan, lemak jenuh, dan kalori tinggi.

Baca juga: Beragam Makanan Khas Jawa Tengah dari Singkong




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp