4 Manfaat Konsumsi Sari Jambu Biji bagi Kesehatan

By. Aditya Reyhan Y W - 29 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat WebPlus! Ada yang sering makan jambu biji? Jambu biji mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi. Vitamin yang terkandung dalam jambu biji adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan juga vitamin K. Jambu biji juga mengandung mineral seperti zinc, selenium, dan juga mangan. Jambu biji dapat dijadikan beragam jenis olahan, seperti jus buah, selai, dan sari buah.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Asam Folat? Simak Penjelasannya!

Sari buah merupakan cairan yang secara alami terdapat dalam buah-buahan. Sari buah jambu biji memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 4 manfaat mengonsumsi sari buah jambu untuk kesehatan.

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat yang pertama dari sari buah jambu biji adalah dapat melancarkan saluran pencernaan. Jambu biji memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan usus dan dapat mencegah sembelit.

2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sari buah jambu biji juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh dan dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit.

Baca juga: Inilah Buah yang dapat Menjaga Tingkat Gula Darah, Apa Saja?

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat mengonsumsi sari buah jambu biji yang selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Sari jambu biji mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan dan berperan dalam pembentukan kolagen sehingga dapat mencegah tanda penuaan dini pada kulit.

Kolagen adalah protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlambat proses penuaan, mencerahkan kulit, menjaga keremajaan, mencegah keriput, dan membantu proses penyembuhan luka.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Sari buah jambu biji mengandung vitamin A sehingga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam mendukung fungsi kornea mata dan fungsi membran konjungtiva.

Vitamin A juga bermanfaat karena terbukti dapat melindungi mata dari kerusakan sel, menurunkan risiko munculnya penyakit mata seperti rabun senja, dan menjaga penglihatan tetap tajam. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan seseorang mengalami berbagai gangguan mata seperti rabun jauh.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: Alasan Dibalik Mahalnya Harga Melon di Jepang, Simak Yuk!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp