Ketahui 4 Manfaat Konsumsi Teh Hijau bagi Kesehatan

By. Aditya Reyhan Y W - 30 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat WebPlus! Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Teh hijau dibuat dari daun tumbuhan Camellia sinensis.

Teh hijau melalui proses pengolahan yang lebih singkat apabila dibandingkan dengan jenis teh lainnya seperti teh hitam. Teh hijau mengandung kafein, vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B3, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

Baca juga: Ini Dia 5 Manfaat Sesi Hipnosis untuk Kesehatan Mental

Teh hijau juga mengandung anti radang, antioksidan, dan antikanker sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 4 manfaat mengonsumsi teh hijau untuk kesehatan.

1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Teh hijau mengandung polifenol yang merupakan salah satu antioksidan. Senyawa polifenol dapat menghambat pertumbuhan beragam jenis sel kanker seperti kanker paru-paru, kanker kulit, kanker payudara, dan kanker lambung.

Namun saat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas teh hijau untuk mencegah kanker.

2. Menurunkan Berat Badan

Teh hijau sudah teruji klinis bermanfaat dalam membakar lemak dan meningkatkan metabolism tubuh sehingga teh hijau dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

Baca juga: 4 Manfaat Konsumsi Sari Jambu Biji bagi Kesehatan

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Apabila kamu adalah orang yang sering mengonsumsi makanan-makanan cepat saji, gorengan, ataupun minuman bersoda maka kamu harus berhati-hati karena makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan kolesterol dalam darah meningkat.

Teh hijau memiliki kandungan asam fenolik. Asam fenolik dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Konsumsi teh hijau berdasarkan sebuah penelitian dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan risiko gangguan jantung dan stroke.

4. Mengurangi Bau Mulut

Teh hijau mengandung katekin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut. Bakteri yang ada di dalam mulut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Apabila kamu mempunyai masalah bau mulut yang tidak sedap maka kamu dapat mencoba dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Itu tadi beberapa manfaat mengonsumsi teh hijau untuk kesehatan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: 5 Kandungan Nutrisi Udang bagi Kesehatan Tubuh




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp