Apa Pentingnya Sertifikasi Halal Indonesia?

By. Syaiful Wahyu - 03 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Sertifikat Halal adalah pengakuan kehalalan suatu Produk.

Dinegara majemuk seperti Indonesia yang mayoritas warga negaranya beragama muslim, penting sekali negara hadir untuk menjamin dan melindungi setiap warga negara dalam menjalankan ibadahnya.

Perlu sekali jaminan halal pada setiap produk kosusmsi yang beredar di negara Indonesia dengan mayoritas warganya memeluk agama muslim.

Baca juga : Pentingnya Sertifikasi BPOM Pada Produk

Oleh karena itu, bukti kehadiran dalam rangka menjamin dan melindungi warga negara yang menjalankan ibadahnya maka sesuai dengan Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal mengamanatkan agar produk yang beredar di Indonesia terjamin kehalalannya, oleh karena itu Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mempunai tugas dan fingsi untuk jaminan kehalalan produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di Indonesia.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) juga didukung oleh tugas dan fungsi sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 yaitu tentang Registrasi Halal, Sertifikasi Halal, Verivikasi Halal, Melakukan pembinaan serta melakukan pengawasan kehalalan produk, Kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait, serta menetapkan standard kehalalan sebuah produk.

Baca juga : Panduan Cara Daftar Izin Edar BPOM untuk Makanan Olahan dalam Kemasan

Jadi sangat penting sekali sertifikasi halal suatu produk yang ada di Indonesia, dengan melihat bebrapa faktor yaitu mayoritas penduduk, amanat konstitusi bahwa negara harus hadir dalam menjamin dan melindungi rakyatnya untuk beribadah, pertumbuhan penduduk serta melihat Indonesia sebagai pasar produk kosumsi yang sangat besar.

Secara bisnis sangat penting mendapatkan sertifikasi halal pada produknya karena dapat menambah nilai kepercayaan pasar dalam menentukan suatu produknya, dan untuk konsumen sendiri akan mempumpunyai kepercaaan diri lebih dalam menentukan produk yang di kosusmsi dengan tetap menjaga keyakinan beragama.

Dengan hadirnya sertifikasi halal dengan diatur oleh badan tersendiri secara independen merupakan bukti nyata negara hadir setiap persoalan guna untuk menjaga dan melindungi seluruh warganya baik sebagai konsumen maupun produsen.

Berhubung sertifikasi halal sangat penting di masyarakat maka silahkan berbagi artikel ini supaya menambah pengetahuan. Kritik dan saran kami tunggu untuk perkembangan artikel selanjutnya.

Baca juga : Simak tentang Wewenang Penerbitan Sertifikasi Halal




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp