Standar HACCP Pada Produk

By. Syaiful Wahyu - 05 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) merupakan jaminan bahwa produksi pangan aman untuk dikonsumsi, dibutuhkan standar khusus terkait mutu dan keamanannya.

Dalam dunia industry makanan dan minuman, jaminan akan mutu dan keamanan produk adalah faktor utama. Karena jaminan mutu dan keamanan produk ini adalah syarat wajib yang harus dimiliki sesuai dengan ketentuan Dewan Kesehatan Internasional.

Baca juga : Apa Pentingnya Sertifikasi Halal Indonesia?

Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) hadir sebagai standar untuk mengantisipasi dan mengidentifikasi sejak dini risiko bahaya suatu produk, dengan mengawasi mutu dan keamanan sejak proses produksi hingga sampai dengan konsumen.

Pada standar jaminan mutu Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) mempunyai 7 poin prinsip utama yang ada didalamnya. 7 poin prinsip tersebut sebagai berikut :

1. Analisa Bahaya

2. Penentuan titik-titik kritis

3. Penetapan batas kritis

4. Menetapkan prosedur monitoring

5. Menetapkan tindakan koreksi

6. Menetapkan prosedur verifikasi

7. Mengembangkan sistem rekaman

Baca juga : Izin Edar Pangan Industri Rumah Tangga

Dari 7 poin prinsip Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) menunjukkan jaminan kualitas produk sebelum dikosumsi oleh pelanggan, oleh karena itu warung hijau berkomitmen untuk memberikan produk-produk terbaik kepada konsumenya, warung hijau juga selektif dalam menjual produk-produknya yaitu dengan menjual produk-produk yang mempunyai standar Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) sebagai standar jaminan kualitas suatu produk terutama produk makanan dan minuman.

Jadi sudah tidak usah takut atau kawatir lagi dalam menentukan pilihan produk kosumsi untuk mendapatkan jaminan kualitas hidup yang lebih baik karena produk-produk warung hijau seluruhnya sudah berstandar Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP).

Karena keamanan suatu produk yang dijual secara luas dengan diproduksi secara masal dan masif perlu suatu jaminan yang mempunyai konsistensi dan standar produksi yang sangat baik, maka masyarakat semua dapat membantu sebarkan artikel ini untuk hal yang baik, warung hijau juga menunggu kritik dan saran apabila ada suatu kekeliruan dalam penulisan maupun isi materi didalam artikel ini. Warung hijau juga menunggu like, komen dan share artikel ini untuk pengetahuan kita dalam suatu kualitas produk.

Baca juga : Produk Standar GMP




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp