3 Cara Penyimpanan Bumbu Dapur Dengan Baik

By. Syaiful Wahyu - 10 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Bumbu memiliki sifat basah, sehingga tidak dapat bertahan atau disimpan lama, lain halnya dengan rempah yang bersifat cenderung kering. Meskipun demikian, istilah bumbu dan rempah sering tumpang tindih dan digunakan secara bergantian dan bersamaan.

Baca juga : Blast Freezer Jenis Cold Storage

Terutama masakan nusantara, tidak lepas dengan namanya bumbu atau rempah, dikarenakan secara turun temurun dan secara geografis nusantara ini mempunyai persedian rempah atau bumbu yang begitu banyak dan berbagai jenis. Oleh karenanya tidak heran setiap masakan nusantara tidak lepas dengan rempah dan atau bumbunya yang begitu kuat.

Tidak semua jenis produk atau bahan makanan dapat di perlakukan dengan kondisi yang sama. Oleh karena itu untuk bahan makanan tetap terjaga dengan baik maka kita harus mengetahui sifat dari produk ataupun bahan makanan yang akan kita simpan.

Jika bumbu dapur dan saus bumbu disimpan didalam kulkas dengan asal-asalan, bisa membahayakan ketika dikonsumsi. Berikut tips cara penimpanan agar tetap terjaga kualitasnya :

Baca juga : Inilah Blast Chiller, Jenis Cold storage

1. Jangan lupa menutup kemasan

Bumbu dapur dan saus-saus bukan hanya dijual dengan kemasan botol saja, tapi bisa dalam bentuk saset dan satuan. Jika kamu membeli saus bumbu dapur dalam bentuk saset, bisa dipindahkan ke dalam botol dan apabila membei bumbu dapur dalam bentuk satuan bisa dimasukkan kedalam wadah atau kantong plastic agar tertutup. Karena bumbu dapur dan saus-sauan bumbu yang terbuka mudah terkontaminasi melalui udara.

2. Hindari dari paparan sinar matahari atau panas kompor

Hindari menyimpan bumbu dapur dan saus-saus dari kompor atau sinar matahari dikarenakan panas bisa membuat komposisi dalam bumbu dapur dan saus-saus berubah. Jika komposisi berubah bisa memicu jamur dan membahayakan anggota keluarga.

3. Simpan di suhu ruangan

Menyimpan bumbu dapur dan saus-saus sebaiknya di suhu ruangan, hal ini agar bumbu dapur dan saus-saus bertahan lama dan enggak membahayakan kesehatan. Pada umumnya suhu untuk menyimpan bumbu dapur dan saus-saus sekitar 28-30 derajat celsius.

Penting dan perlu sekali untuk kita bersama-sama membagikan artikel ini guna pengetahuan bersama, warung hijau menunggu kritik dan saran artikel ini dan ditunggu like, share dan komen kalian.

Baca juga : Teknik Pembekuan Tidak Merubah Nutrisi Makanan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp