Teknik Pembekuan Tidak Merubah Nutrisi Makanan

By. Syaiful Wahyu - 10 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Teknologi pembekuan makanan adalah teknologi mengawetkan makanan dengan menurunkan temperaturnya hingga di bawah titik beku air. Hal ini berlawanan dengan pemrosesan termal, di mana makanan dipaparkan ke temperatur tinggi, dapat mengakibatkan hilangnya nutrisi, perubahan rasa, tekstur, dan sebagainya, atau pemrosesan kimia dan fermentasi yang dapat mengubah sifat fisik dan kimia makanan.

Baca juga : 3 Cara Penyimpanan Bumbu Dapur Dengan Baik

Cara ini adalah cara yang paling dikenal oleh masyarakat pada umumnya sebab cara ini sudah sering digunakan oleh masyarakat umum. Konsep pendinginan adalah memasukkan makanan di sebuah tempat yang bersuhu rendah. Suhu pengawetan makanan dengan pendinginan antara -4° sampai 0° Celcius. Pada fungsinya teknik ini berguna untuk menahan proses perusakan makanan dan bahan makanan yang lebih cepat dengan membekukan makanan dan bahan makanan.

Makanan beku umumnya tidak mengalami hilangnya nutrisi, perubahan rasa, tekstur, dan mengubah sifat fisik atau kimaia pasa suatu makanan, membekukan makanan cenderung menjaga kesegaran makanan. Makanan beku menjadi favorit konsumen melebihi makanan kaleng atau makanan kering, terutama di hasil peternakan , buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Baca juga : Inilah Blast Chiller, Jenis Cold Storage

Hampir semua jenis bahan makanan dapat dibekukan (bahan mentah, setengah jadi, hingga makanan siap konsumsi) dengan tujuan pengawetan. Proses pembekuan makanan melibatkan pemindahan panas dari produk makanan. Hal ini akan menyebabkan membekunya kadar air di dalam makanan dan menyebabkan berkurangnya aktivitas air di dalamnya.

Menurunnya temperatur dan menghilangnya ketersediaan air menjadi penghambat utama pertumbuhan mikroorganisme dan aktivitas enzim di dalam produk makanan, menyebabkan makanan menjadi lebih awet dan tidak mudah membusuk.

Keunggulan dari teknik pembekuan makanan adalah semua hal tersebut dapat dicapai dengan mempertahankan kualitas makanan seperti nilai nutrisi, sifat organoleptik, dan sebagainya.

Penting dan perlu sekali untuk kita bersama-sama membagikan artikel ini guna pengetahuan bersama, warung hijau menunggu kritik dan saran artikel ini dan ditunggu like, share dan komen kalian.

Baca juga : Blast Freezer Jenis Cold Storage




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp