5 Tips Mencegah Pembatalan Pesanan Pelanggan

By. Hanief - 15 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Saat berbelanja secara online, maka kamu bisa saja berubah pikiran dan memutuskan untuk membatalkan pemesanan. Alasan pembatalan pesanan pun beragam seperti berubah pikiran ingin membeli produk lain, tertarik dengan produk toko lain, penjual tidak menjawab chat, permintaan penjual, produk memiliki ulasan buruk, penjual membutuhkan waktu yang lama untuk mengirimkan pesanan, ataupun karena pembeli menemukan produk dengan harga yang lebih rendah. Berikut ini adalah 5 tips mencegah pembatalan pesanan pelanggan.

 

Baca juga: Ini Dia 4 Alasan Melakukan Giveaway

 

1. Katalog dan deskripsi produk harus jelas

Cara mencegah pembatalan pemesanan dari pelanggan yang pertama adalah selalu menampilkan katalog berupa foto dan video produk yang jelas dan membuat deskripsi produk secara rinci.

Foto ataupun video produk yang jelas dapat membuat calon pembeli memiliki gambaran mengenai produk tersebut sebelum mereka memutuskan untuk membelinya. Menampilkan katalog dan deskripsi produk yang jelas dapat membuat pembeli semakin yakin untuk membeli produk yang kamu jual.

 

2. Fast response

Salah satu hal yang dapat menyebabkan pembatalan pemesanan dari pelanggan adalah karena penjual tidak menjawab chat, sehingga untuk menghindari hal tersebut terjadi maka toko online yang kamu miliki harus fast response.

Kamu dapat memanfaatkan fitur chatbot untuk membuat balasan otomatis sehingga pembeli tidak menunggu lama untuk mennerima balasan. Pesan otomatis dapat berisi sapaan kepada pelanggan, penjelasan pada pelanggan bahwa admin akan segera membalas pesan pada waktu operasional toko.

Kamu dapat mencantumkan waktu operasional toko online sehingga pembeli dapat mengetahui saat yang tepat untuk chat admin toko online kamu tersebut.

 

3. Jaga kepercayaan pelanggan

Cara mencegah pembatalan pemesanan dari pelanggan yang selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kepercayaan pelanggan. Kamu perlu untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggan agar mereka memiliki pengalaman yang positif selama berbelanja di toko online kamu.

Jangan sampai membuat pelanggan toko online kamu kecewa karena hal tersebut dapat membuat mereka memberikan review negatif pada toko online kamu. Calon pelanggan yang melihat testimonial yang negative akan membuat mereka merasa ragu untuk membeli produk yang kamu jual dan mengurungkan niat untuk membeli produk tersebut.

 

Baca juga: 10 Kemitraan dengan UMKM yang Efektif Kembangkan Bisnismu

 

4. Perhatikan cara mengemas pesanan

Cara pengemasan pesanan perlu untuk diperhatikan agar barang yang dipesan tidak mengalami kerusakan sehingga barang diterima pembeli dalam kondisi yang baik. Kemasan yang kokoh dapat digunakan untuk menjaga barang di dalamnya agar tetap utuh. Apabila perlu, kamu juga dapat menambahkan bubble wrap sebagai pelindung tambahan. Banyaknya testimoni yang positif dapat meyakinkan pelanggan baru untuk membeli produk yang kamu jual.

 

5. Mengirim pesanan tepat waktu

Salah satu hal yang dapat menyebabkan pembatalan pemesanan dari pelanggan adalah ketika barang yang dipesan tidak segera dikirimkan atau diserahkan pada kurir. Pastikan untuk selalu mengirim pesanan tepat waktu. Kamu dapat menggunakan layanan pick-up kurir sehingga kurir ekspedisi akan menjemput pesanan pelanggan dan langsung mengirimkannya.

 

Itu tadi beberapa tips mencegah pembatalan pesanan pelanggan. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: 5 Cara Efektif Membuat Giveaway




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp