4 Tips Mengambil Foto Produk untuk Bisnis Online

By. Hanief - 16 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Foto produk yang baik dapat menarik minat calon pembeli untuk melihat produk yang dijual. Foto produk yang diambil juga harus sesuai dengan deskripsi produk yang dituliskan.

Foto produk dapat mempermudah calon pembeli memvisualisasikan produk yang anda jual karena membeli barang secara online berbeda dengan membeli barang secara langsung.

 

Baca juga: 5 Cara Efektif Membuat Giveaway

 

Membeli barang secara langsung dapat membuat pembeli mengamati barang yang akan dibeli secara detail berbeda dengan membeli secara online, sehingga diperlukan foto produk yang lengkap dan berkualitas untuk menarik minat calon pembeli. Berikut ini 4 tips dalam mengambil foto produk.

1. Cahaya yang cukup

Foto produk dengan pencahayaan yang cukup dan baik dapat menghasilkan foto yang lebih jelas dan lebih menarik. Pencahayaan yang digunakan dapat memanfaatkan pencahayaan alami seperti sinar matahari ataupun apabila sinar matahari dirasa masih kurang, pencahayaan dilakukan dengan menggunakan lampu tambahan.

 

2. Background foto yang netral

Background foto akan mempengaruhi hasil foto produk, sehingga usahakan untuk mencari dan memakai background foto yang netral seperti warna putih.

Background foto yang netral dapat membuat produk anda menjadi fokus utama dari foto tersebut. Background foto yang terlalu ramai dapat membuat produk yang dijual tertutup dan kurang menjadi fokus utama dari foto tersebut.

 

Baca juga: 6 Cara Menangani Customer yang Marah dan Kecewa

 

3. Memakai model untuk produk fashion

Memakai model untuk produk fashion seperti pakaian dan aksesori sangat penting untuk dilakukan agar terlihat lebih menarik di mata calon pembeli. Adanya model dapat memberikan gambaran pada calon pembeli mengenai bagaimana produk tersebut terlihat saat dipakai.

 

4. Menambahkan watermark

Watermark perlu ditambahkan untuk menandai bahwa foto produk tersebut adalah milik anda. Watermark dapat ditempatkan ditengah produk untuk memastikan foto produk tersebut tidak dicuri oleh orang lain.

Penempatan watermark dipojok dapat memudahkan orang lain untuk menghapus watermark tersebut. Perlu dipastikan juga tingkat transparansi dari watermark yang digunakan agar tidak mengganggu tampilan foto produk yang anda jual. Watermark pada foto produk juga akan membuat produk yang dijual terlihat lebih profesional.

 

Itu tadi beberapa tips mengambil foto produk.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Alternatif Berjualan yang Tidak Hanya Terbatas pada TikTok




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp