4 Manfaat NIB Perusahaan yang Perlu Diketahui

By. Hanief - 16 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Setiap pengusaha penting untuk mendaftarkan usahanya agar legal secara hukum. Salah satu dokumen dalam usaha yang perlu untuk kamu miliki adalah NIB.

NIB adalah singkatan dari Nomor Induk Berusaha. NIB perusahaan adalah identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha dan berlaku selama menjalankan kegiatan usaha sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Berikut ini adalah 4 manfaat NIB perusahaan.

 

Baca juga: 5 Istilah Keuangan yang Ada Dalam Dunia Bisnis

 

1. Mendapatkan dokumen legalitas lainnya

Manfaat mempunyai NIB yang pertama adalah kamu akan memiliki dokumen legalitas usaha yang lainnya. Kamu sudah mendapatkan dokumen lain dengan NIB diantaranya NPWP Badan atau Perorangan, apabila pemohon belum memiliki, Surat Pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan secara otomatis, notifikasi kelayakan untuk memperoleh fasilitas fiscal, dan surat izin usaha.

NIB dapat membantu untuk menyimpan semua data perizinan dalam satu identitas saja.

 

2. Proses perizinan usaha lebih efisien

Manfaat mempunyai NIB yang kedua adalah proses perizinan usaha menjadi lebih efisien karena NIB perusahaan yang dimiliki sudah mencakup berbagai dokumen legalitas lainnya sehingga akan lebih menghemat waktu.

Pendaftaran NIB dapat dilakukan dalam hitungan menit dan dokumen yang dihasilkan pun akan sangat berguna untuk menunjang operasional bisnis. Jika kamu membutuhkan perizinan lainnya, maka kamu juga dapat memprosesnya dengan lebih efisien.

 

Baca juga: Alternatif Berjualan yang Tidak Hanya Terbatas pada TikTok

 

3. Mempercepat proses izin usaha

Manfaat mempunyai NIB yang ketiga adalah dapat mempercepat proses izin usaha sehingga proses pengurusan izin usaha lainnya dapat lebih cepat selesai.

Apabila pelaku usaha telah memenuhi persyaratan yang diwajibkan, maka izin usaha juga dapat diperoleh dalam waktu yang relatif cepat.

 

4. Mempermudah perolehan investasi dan pinjaman

NIB tidak hanya akan mempermudah dalam mendapatkan dokumen legalitas usaha, tetapi juga dapat membantu operasional bisnis yang kamu jalankan.

Adanya NIB perusahaan memungkinkan kamu memperoleh investasi dan pinjaman dana dengan lebih mudah. Adanya NIB menandakan usaha yang kamu jalankan sah secara hokum sehingga para investor akan lebih percaya untuk berinvestasi.

 

Itu tadi beberapa manfaat NIB perusahaan. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: 6 Cara Menangani Customer yang Marah dan Kecewa




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp