3 Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Konsumen

By. Hanief - 18 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Kualitas pelayanan merupakan landasan utama untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Meningkatkan kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan cara melakukan review dilanjutkan dengan perbaikan.

Meningkatkan kualitas pelayanan harus dilakukan secara rutin dengan harapan perbaikan dilakukan terus menerus secara konsisten dalam waktu yang lama. Berikut ini 3 cara meningkatkan kualitas pelayanan.

 

Baca juga:  Ini Dia 3 Cara Melakukan Manajemen Risiko

 

1. Terbuka dengan masukan pelanggan

Survei pada pelanggan dapat dilakukan untuk mendapat ulasan, kritik, saran, pendapat, maupun masukan. Survei dapat dilakukan dengan cara modern dan menyenangkan mengikuti perkembangan zaman, bukan dengan survei manual seperti kertas ujian.

 

Pengunjung dapat memberi ulasan melalui Instagram, Twitter, Facebook, ataupun media sosial lainnya. Masukan dari pelanggan merupakan hal yang penting untuk kemajuan perusahaan.

Saat melakukan survei, perlu diinformasikan bahwa survei dilakukan secara rahasia sehingga pengunjung yang mengisi survei akan dijamin identitasnya.

Tujuan dari survei ini agar pengunjung dapat memberikan ulasan secara jujur. Masukan yang didapatkan akan menjadi bahan perbaikan untuk sebuah usaha.

 

2. Rutin mengevaluasi kinerja usaha

Saran dan kritik dari konsumen merupakan salah satu hal yang penting bagi perusahaan. Ulasan konsumen biasanya memberikan ulasan berdasarkan pengalaman mereka pribadi saat menikmati pelayanan dari usaha anda, sehingga patut untuk diapresiasi dengan memberikan evaluasi kinerja supaya kritik yang sama tidak kembali diterima.

 

Evaluasi kinerja tidak harus menunggu masukan dari konsumen tetapi pengusaha juga dapat melakukan evaluasi mendasar seperti selalu memastikan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan, mengecek kebersihan produk, dan melakukan pengawasan kinerja karyawan.

 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Harga Pokok Penjualan

 

3. Meningkatkan pelayanan perusahaan

Kualitas pelayanan dapat ditingkatkan dengan memberikan karyawan SOP layaninan bisnis yang jelas dan melatih karyawan untuk bekerja secara professional.

Kinerja karyawan dapat ditingkatkan dengan melatih para pekerja agar memiliki etos kerja yang tinggi dan lebih responsif. Pengusaha dapat memberikan reward untuk karyawan yang memiliki kinerja yang bagus.

 

Itu tadi beberapa cara meningkatkan kualitas pelayanan. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Ini Dia 6 Manfaat Purchase Order




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp