Ini Dia 6 Manfaat Purchase Order

By. Hanief - 17 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Ada banyak istilah dalam akuntansi yang pasti sering didengar sebagai pelaku bisnis. Salah satu istilah tersebut adalah purchase order.

Purchase order atau biasa disebut PO merupakan dokumen yang berisi konfirmasi resmi dari sebuah pesanan dimana akan dikirim oleh pembeli dan ditujukan kepada pihak penjual atau vendor.

 

Baca juga: 8 Tips Mencari Produk yang Sedang Tren di Pasaran

 

Purchase order pada umumnya berisi detail mengenai barang yang akan dibeli, mencakup nama barang, warna, jumlah, harga, dan informasi penting lainnya.

Purchase order penting untuk dibuat untuk memperjelas pesanan pembelian dari pihak buyer untuk menghindari kesalahan pada pesanan ketika barang tiba ditempat tujuan. Berikut ini adalah 6 manfaat purchase order.

 

1. Transaksi dapat dilakukan dengan jelas

Manfaat yang pertama purchase order adalah transaksi dapat dilakukan dengan jelas. Pembeli dan penjual dapat menggunakannya sebagai dasar apabila pesanan tidak terkirim sesuai dengan pesanan.

 

2. Mengamankan ketersediaan barang

Manfaat purchase order yang kedua adalah mengamankan ketersediaan barang. Penjual dapat memastikan barang yang pembeli inginkan tersedia, kemudian menyimpannya sebelum dikirimkan pada waktu yang telah ditentukan.

 

3. Memudahkan pengelolaan pesanan

Manfaat purchase order yang ketiga adalah memudahkan pengelolaan pesanan. Apabila terdapat masalah dalam pengiriman maka akan lebih mudah untuk melacaknya dan pengelolaan pesanan menjadi lebih efektif.

 

Baca juga: 5 Kata Efektif untuk Menarik Pelanggan

 

4. Membantu membuat anggaran perusahaan

Manfaat purchase order yang keempat adalah membantu membuat anggaran perusahaan. Anda bisa menghitung biaya dan memasukkannya kedalam anggaran perusahaan secara keseluruhan sehingga uang yang terpakai lebih terkontrol, efektif, dan efisien.

 

5. Audit keuangan

Manfaat kelima dari purchase order selain sebagai catatan pengeluaran adalah dapat menjadi cara untuk membuktikan kepada bank, auditor, ataupun lembaga perpajakan bahwa perusahaan anda melakukan transaksi bisnis dengan benar.

 

6. Dokumen yang mengikat secara hukum

Manfaat purchase order yang keenam adalah dokumen yang mengikat secara hukum dapat dijadikan bukti apabila terjadi konflik antara kedua belah pihak sehingga menghindari kesalahan-kesalahan yang akan terjadi di masa yang akan datang dan dapat merugikan perusahaan.

 

Itu tadi beberapa manfaat purchase order.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Ini Dia 5 Cara Mengatur Rak Toko




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp