3 Macam Layanan Pengiriman Paket Berdasarkan Waktunya

By. Hanief - 18 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Layanan pengiriman paket dan dokumen sebenarnya sudah ada sejak lama, namun dengan berkembangnya teknologi dan alat transportasi, layanan pengiriman paket semakin berkembang sehingga jenis layanan pengiriman paket semakin beragam.

 

Perusahaan pengiriman paket biasanya akan menawarkan layanan pengiriman dengan estimasi waktu yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pengiriman barang. Berikut ini 3 macam layanan pengiriman paket berdasarkan waktunya.

 

Baca juga: Ini Dia 6 Manfaat Purchase Order

 

1. Paket Reguler

Paket regular biasanya memiliki estimasi waktu pengiriman sekitar 3 hari, tetapi ada juga yang perkiraan waktu penyampaian kiriman 1 sampai 7 hari kerja bergantung dengan zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Layanan ini cocok dan lebih terjangkau untuk mengirimkan barang yang tidak begitu mendesak.

 

Terdapat beberapa ketentuan juga untuk paket regular di beberapa perusahaan pengiriman paket seperti, tidak melayani pengiriman paket pada hari minggu dan hari libur nasional, serta tidak berlaku garansi uang kembali.

 

2. Paket Same Day Delivery

Paket yang dikirim dengan menggunakan layanan same day delivery akan sampai tujuan pada hari itu juga. Layanan ini cocok untuk mengirimkan barang yang begitu mendesak atau urgent.

Pada umumnya perusahaan pengiriman paket akan menetapkan batas waktu barang masuk, seperti barang yang masuk sebelum pukul 12.00 maka akan dikirim hari itu juga. Waktu pengiriman yang singkat membuat tarif pengiriman paket same day delivery lebih mahal dibandingkan dengan tarif paket lainnya.

 

Setiap perusahan ekspedisi atau kargo menamai layanan same day delivery dengan nama yang berbeda-beda, seperti Pos Express, J&T Super, dan Super Speed.

 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Harga Pokok Penjualan

 

3. Paket Next Day Delivery

Paket yang dikirim dengan menggunakan layanan next day delivery akan sampai tujuan keesokan harinya. Tarif paket next day delivery tidak semahal paket same day delivery. Pada beberapa perusahaan pengiriman, paket ini juga dikenal dengan nama Yakin Esok Sampai, Besok Sampai Tujuan, dan Ninja Next Day.

 

Itu tadi beberapa macam layanan pengiriman paket berdasarkan waktunya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Ini Dia 3 Cara Melakukan Manajemen Risiko




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp