Ini Dia 4 Cara Menghadapi Customer Online

By. Hanief - 18 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Kepuasan konsumen sangat penting dalam suatu bisnis untuk memastikan bisnis tersebut dapat terus berjalan dengan baik. Saat menjalankan bisnis online, terkadang harus menghadapi berbagai macam tipe customer.

Beberapa customer terbilang sulit untuk dihadapi. Berikut ini 4 cara menghadapi customer online.

 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Harga Pokok Penjualan

 

1. Memberikan repon cepat

Saat menjalankan bisnis online, hal penting yang harus diperhatikan adalah memberikan respon yang cepat. Respon yang lama dapat membuat customer yang awalnya tertarik untuk membeli produk menjadi berubah pikiran karena waktu tunggu respon yang lama.

Memberikan respon yang cepat penting dilakukan, baik untuk komplain ataupun untuk pertanyaan mengenai produk.

 

2. Menjawab pertanyaan dengan sabar

Saat menghadapi customer yang sulit dan mempunyai banyak permintaan atau menghadapi customer yang malas membaca keterangan produk yang sudah dicantumkan tetap harus dijawab dengan sabar.

Menghadapi satu customer yang malas membaca keterangan produk memang tidak begitu merepotkan, tetapi apabila ada banyak customer yang seperti itu dan menuntut untuk selalu direspon cepat tentunya dapat membuat kewalahan.

 

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan sabar dan sopan mengarahkan customer untuk membaca deskripsi produk yang sudah dicantumkan atau apabila customer masih merasa bingung anda dapat copy paste penjelasan yang sudah ditulis sebelumnya.

 

Baca juga: Ini Dia 3 Cara Melakukan Manajemen Risiko

 

3. Menguasai pengetahuan tentang produk

Costumer online berbeda dengan customer biasa karena mereka tidak bisa melihat ataupun menyentuh barangnya secara langsung sehingga customer online cenderung lebih banyak bertanya mengenai spesifikasi produk, kondisi produk, keaslian produk, dan beberapa diantaranya ada yang memastikan dulu agar mereka tidak tertipu.

 

Cara yang dapat dilakukan untuk menghadapinya adalah dengan menguasai produk yang dijual dengan baik sehingga semua pertanyaan yang customer tanyakan dapat dijawab dengan baik dan tepat, sehingga customer akan berbelanja pada toko online anda.

 

4. Menanyakan feedback dari customer

Menanyakan pendapat customer mengenai produk dan pelayanan yang mereka terima saat membeli produk di toko online anda sangatlah penting. Pendapat tersebut dapat dijadikan sebagai masukan toko online anda agar lebih baik kedepannya.

Jika terdapat komplain, maka segera catat dan tawarkan solusi dengan cepat. Jika customer tidak mengajukan komplain apapun, sebaiknya anda tetap menanyakan apakah mereka puas dengan toko online anda.

 

Itu tadi beberapa cara menghadapi customer online.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Ini Dia 6 Manfaat Purchase Order




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp