5 Langkah dalam Melakukan Segmentasi Pasar

By. Hanief - 18 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Segmentasi pasar merupakan sebuah strategi dalam bisnis dengan mengelompokkan pembeli berdasarkan karakteristik, kebutuhan, atau perilaku yang berbeda. Membagi pasar menjadi beberapa bagian agar dapat teridentifikasi dengan baik.

 

Segmentasi pasar bertujuan untuk memfokuskan sumber daya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen agar dapat mencapai keuntungan kompetitif dalam segmen pasar. Berikut ini adalah 5 langkah dalam melakukan segmentasi pasar.

 

Baca juga: 3 Macam Layanan Pengiriman Paket Berdasarkan Waktunya

 

1. Menganalisis konsumen yang ada

Menganalisis konsumen untuk memahami perilaku konsumen. Pendekatan dapat dilakukan kepada konsumen dan libatkan konsumen dalam memberikan tanggapan ataupun masukan untuk bisnis anda.

 

2. Mengkategorikan konsumen berdasarkan produk

Ketika anda sudah memahami siapa saja konsumen yang dimiliki, maka anda akan memperoleh gambaran yang lebih jelas untuk menentukan sasaran atau target pasar yang dituju sehingga nantinya akan membantu anda dalam mendapatkan pemahaman tentang konsumen dan menciptakan strategi pemasaran yang tepat untuk segmentasi pasar anda.

 

3. Brand positioning

Saat anda sudah mengetahui siapa calon konsumen anda, maka akan lebih mudah untuk memposisikan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Brand positioning dapat menjadikan bisnis anda lebih dilirik.

 

Baca juga: 4 Jenis Digital Marketing yang Bisa Kamu Kuasai

 

4. Menemukan segmentasi pasar yang tepat

Anda dapat menghubungkan brand positioning dengan kebutuhan konsumen. Apakah produk atau jasa yang anda keluarkan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan apakah semua segmentasi pasar dapat terakomodasi dengan baik.

Anda dapat mengaitkan keduanya dan akan menemukan segmentasi pasar yang tepat untuk produk atau jasa yang dikeluarkan.

 

5. Membuat dan meluncurkan kampanye perusahaan

Langkah kelima yang dapat dilakukan adalah kampanye perusahaan. Uji coba dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Evaluasi perlu dilakukan selama dan setelah kampanye untuk memastikan apakah segmentasi pasar anda sudah tepat atau belum.

Apabila tidak, anda dapat mencoba mencari segmentasi pasar berdasarkan kriteria lainnya. Teruslah mencoba sampai anda mendapatkan segmentasi pasar yang tepat dan sesuai.

 

Itu tadi beberapa langkah dalam menentukan segmentasi pasar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Ini Dia 4 Cara Menghadapi Customer Online




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp