Berikut 4 Tips Menjaga Gudang dari Serangan Hama

By. Hanief - 03 May 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Gudang sebagai salah sartu bagian dalam rantai bisnis tentunya perlu dijaga kebersihannya. Tidak menjaga kebersihan Gudang dapat menyebabkan bahan baku maupun bahan jadi rusak karena serangan hama. Berikut ini kami sampaikan tips untuk mencegah dan mengatasi potensi serangan hama di area Gudang.

 

Baca juga : Berikut Hal Penting Yang Dilakukan Untuk Mengelola Pergudangan

 

Tujuan utama didirikannya Gudang adalah untuk menyediakan tempat penyimpanan yang aman bagi hasil panen baik itu beras maupun hasil panen biji-bijian lainnya seperti jagung, kacang tanah, kacang hijau, kedelai, gandum dan lain sebagainya. Selain untuk menyimpan bahan panen, Gudang juga dapat digunakan untuk menyimpan barang hasil produksi. Namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas Gudang sebagai tempat penyimpanan produk panen.

 

Beras sebagai salah satu produk panen yang perlu dijaga keutuhan dan kualitasnya selama masa penyimpanan. Adapun persyaratan yang diperlukan agar beras dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama adalah sebagai berikut.

 

Baca juga :  5 Proses Dasar Pergudangan dalam Bisnis

 

1. Mampu mengantisipasi serangan hama

Gudang beras yang bagus sudah mengantisipasi adanya serangan hama baik dari serangga, kutu beras sampai ke telur kutu beras, tikus hingga burung-burung.

 

2. Tersedia ruang untuk lalu lalang

Selain itu mereka juga efesien dalam menggunakan tempat penyimpanan juga menyediakan ruang untuk memudahkan pengambilan dan menempatkan beras.

 

3. Kondisi udara yang terjaga

Kondisi udara di Gudang harus selalu terjaga terutama tingkat kelembabannya. Seklain itu Gudang beras juga harus dapat menjegah udara lembab masuk. Beras di dalam gudang harus dijaga kelembapannya sehingga tidak cepat rusak atau menjadi busuk karena jamur. Semakin lama beras atau biji-bijian disimpan dalam gudang, tingkat kelembapannya harus semakin rendah.

 

4. Kebersihan terjaga

Penting untuk gudang beras menjaga kebersihan gudang dan lingkuan sekitarnya untuk bisa menjaga kualitas beras atau gabah yang disimpan di gudang. Untuk menjaga kebersihan gudang, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

- Membersihkan gudang secara berkala, baik menyapu lantainya, membersih hingga ke atap dari debu dan sarang serangga serta laba-laba. Segera kumpulkan dan bersihkan beras yang berceceran di lantai.

- Bersihkan gudang begitu kosong, hal ini termasuk menyemprot dinding, celah-celah, dan palet kayu yang digunakan untuk menumpuk beras dengan insektisida sebelum menggunakan gudang kembali.

- Lakukan inspeksi secara rutin untuk menjaga gudang dari serangan hama.

- Periksa seminggu sekali saat barang-barang sudah masuk gudang, cermati adanya tanda-tanda serangan hama.

 

Jika Anda menemukan adanya gejala serangan hama, segeralah lakukan pemberantasan hama dengan bantuan dari teknisi professional. Demikian tips dari kami, semoga membantu dan ikuti terus informasi terupdate dari kami.

 

Baca juga : 5 Langkah Manajemen Gudang Beras Agar Tetap Terjaga




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp