Ketahui Penyebab Seseorang Berperilaku Moody

By. Aditya Reyhan Y W - 14 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Terjadinya perubahan suasana hati yang tiba-tiba sering disebut juga dengan istilah moody. Moody merupakan ketidakstabilan mood yang terjadi akibat masalah umum yang terjadi dalam kehidupan sosial. Dalam kondisi perubahan mood yang cepat, sering dan semakin parah, hal tersebut dapat mengarah pada mood disorder atau gangguan suasana hati yang mempengaruhi keadaan emosi seseorang. Moody muncul sebagai respon yang dipicu karena suatu hal yang mungkin tidak disadari dan dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi situasi tubuh. Berikut adalah penyebab seseorang moody:

Baca juga: Mengenal Kepribadian Paling Langka INFJ sang Idealis

1. Ketidakseimbangan Hormon Tubuh

Hormon estrogen memiliki peran penting dalam perubahan suasana hati. Terutama pada perempuan, saat sedang haid, kadar estrogen perempuan akan naik dan bahkan turun secara drastis, sehingga hal itu bisa menyebabkan perubahan mood dan perilaku yang terjadi.

2. Pubertas

Pubertas merupakan salah satu tahap perkembangan anak tumbuh menjadi dewasa yang biasanya terjadi pada usia 10-16 tahun. Remaja yang mengalami fase pubertas akan menunjukan perubahan suasana hati, fisik dan psikologis dalam kehidupannya. Pada fase ini akan terjadi perubahan mood dan bahkan reaksi emosional.

Baca juga: 6 Tipe Kepribadian Problematik di Lingkungan Pekerjaan

3. Kelelahan dan Stres

Perasaan lelah, stres dan khawatir dapat memberikan dampak bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat membawa perubahan pada mood yang dimiliki seseorang. Stress juga salah satunya dapat disebabkan karena faktor kelelahan. Saat itu kondisi tubuh akan mengalami kelelahan atau kurang tidur, tubuh dapat membuat kemampuan otak menerima informasi dan bahkan stimulus menurun. Perasaan negatif yang ditimbulkan akibat kelelahan memberikan dampak pada perubahan suasana hati,

4. Gangguan Psikikologis

Gangguan psikologis atau gangguan kejiwaan dapat menyebabkan terjadinya perubahan suasana hati. Contohnya adalah gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), depresi, bipolar dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui kondisi psikologis tersebut, kamu tidak bisa mendiagnosa sendiri dan harus dilakukan dengan mengunjungi psikolog untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Itu dia 4 hal yang dapat menjadi penyebab seseorang moody atau sering mengalami perubahan suasaa hati. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Mengenal Kepribadian INTP Sang Ahli Bermain Logika




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp