Tanda-Tanda Umum Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

By. Aditya Reyhan Y W - 17 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - PTSD merupakan kependekan dari Post-Traumatic Stress Disorder atau gangguan stres pasca trauma. PTSD adalah jenis gangguan kecemasan yang terjadi setelah seseorang mengalami atau menyaksikan peristiwa traumatis yang mengancam jiwa, seperti kecelakaan, bencana alam, peperangan, kekerasan, atau kejahatan. Gejala PTSD meliputi pengulangan kenangan buruk atau mimpi buruk tentang peristiwa traumatis, menghindari situasi atau orang yang dapat memicu kenangan traumatis, reaksi emosional yang kuat terhadap pengingat trauma, perubahan suasana hati, kesulitan tidur, perilaku yang mudah terangsang atau mudah marah, dan kesulitan konsentrasi.

Baca juga: Inilah Cara Mengendalikan Emosi dengan Regulasi Emosi

PTSD dapat mempengaruhi siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak atau orang dewasa, dan terjadi pada orang dari berbagai latar belakang. Tanda-tanda PTSD atau Post-Traumatic Stress Disorder dapat bervariasi tergantung pada individu, namun beberapa tanda-tanda umum meliputi:

1. Terus-menerus teringat kembali peristiwa traumatis, seperti melalui mimpi buruk, flashback, atau pengalaman secara fisik dan emosional yang menimbulkan ketakutan dan kecemasan.

2. Menghindari situasi atau orang yang dapat memicu kenangan traumatis, seperti tempat, benda, atau situasi tertentu.

3. Perubahan suasana hati, seperti perasaan cemas, marah, kesedihan, keputusasaan, atau kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya disukai.

4. Kesulitan tidur, seperti sulit untuk tidur atau tidur terlalu banyak, sering terbangun dengan mimpi buruk atau merasa gelisah saat hendak tidur.

Baca juga: Penyebab Seseorang Selalu Merasa Kesepian

5. Perilaku yang mudah terangsang atau mudah marah, seperti mudah tersinggung, mudah marah, dan bersikap defensif.

6. Konsentrasi yang buruk atau sulit untuk memusatkan perhatian, kesulitan untuk fokus pada tugas atau aktifitas tertentu

7. Perasaan terasing dari orang lain atau merasa sulit untuk merasa dekat dengan orang lain.

8. Reaksi fisik yang kuat terhadap suara, cahaya, atau sentuhan yang tiba-tiba dan tidak terduga.

Tanda-tanda PTSD yang berlangsung lama dan memengaruhi kualitas hidup seseorang, dapat memerlukan perawatan medis profesional. Jika seseorang merasa bahwa dirinya atau orang yang mereka kenal mengalami tanda-tanda PTSD, maka sebaiknya segera mencari bantuan medis atau konseling dari ahli kesehatan mental. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Pilar Kebahagiaan yang Wajib Diterapkan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp