Inilah 5 Tanda Kamu Sudah Menerima Diri Sendiri

By. Aditya Reyhan Y W - 23 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat WebPlus! Apakah kalian sudah menerima diri sendiri? Disini kita akan membahas terkait penerimaan diri. Self acceptance atau penerimaan diri merupakan kemampuan seseorang untuk menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya. Menurut APA Dictionary of Psychology, self-acceptance berarti mengakui, menerima, dan menghargai pencapaian maupun keterbatasan diri.

Menurut seorang psikolog sosial David W. Johnson, terdapat beberapa tanda kalau kamu sudah bisa menerima dirimu sendiri:

Baca juga: Ciptakan Rasa bahagia dengan Minum Kopi

1. Menerima Diri Tanpa Syarat

Menerima diri sendiri menjadi hal yang sulit dilakukan karena seringkali kita merasa memiliki kekurangan dalam diri. Jika kamu kesulitan menerima dirimu sendiri, sadari bahwa terlepas dari preferensi diri yang dipengaruhi banyak faktor eksternal, ada hal-hal di dunia ini yang tidak perlu semuanya digapai.

2. Tidak Menolak Dirinya Sendiri

Seseorang yang bisa menerima dirinya sendiri dan memiliki jiwa self acceptance tidak akan menolak dirinya sendiri. Dalam artian, mereka menyadari, memahami serta menerima kekurangan dan kelemahan yang ada dalam dirinya.

3. Mencintai Diri Sendiri

Seseorang yang memiliki jiwa self acceptance adalah seseorang yang mencintai dirinya sendiri yang juga berarti mampu menerima diri sendiri apa adanya dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Baca juga: 5 Pilar Kebahagiaan yang Wajib Diterapkan

4. Tidak Perlu Merasa Sempurna

Seseorang yang memiliki self acceptance tidak perlu merasa sempurna untuk menjadi berharga di mata orang lain. Mereka cukup dengan memandang sisi positif yang ada dalam dirinya.

5. Mampu Menghasilkan Kinerja yang Berguna

Seseorang yang menerima dirinya dengan baik akan menggunakan bakat yang dimilikinya sebaik mungkin. Dengan demikian, orang tersebut dapat bekerja atau menghasilkan karya yang berguna untuk masyarakat sekitarnya.

Memiliki penerimaan diri atau self-acceptance akan membuat seseorang lebih kenal dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Dengan begitu, mereka akan tau apa yang bisa dilakukan dan apa yang perlu ditingkatkan. Selain itu, penerimaan diri juga bisa membuat seseorang lebih berdamai dengan fakta bahwa tidak ada manusia yang bisa lepas dari kekurangan. Self-acceptance juga berperan penting dalam interaksi sosial untuk membuat seseorang jauh lebih percaya diri dan mudah diterima dengan orang lain. Kamu juga bisa berhenti untuk membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain yang tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan mental. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Inilah 6 Bahasa Tubuh yang Kamu Harus Tahu




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp