3 Tips Menyimpan Daging Sapi Di Kulkas

By. Syaiful Wahyu - 10 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Di Indonesia, sapi adalah hewan ternak yang dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Untuk mendapatkan daging yang berkualitas, sebelum disembelih dipastikan bahwa sapi dalam keadaan bahagia atau tidak stres. Sebab, jika tidak maka yang terjadi adalah dagingnya menyusut. Ketika sudah mendapatkan daging yang berkualitas baik, mungkin tak akan langsung memasaknya semua. Sebagian daging akan disimpan di dalam kulkas agar tetap awet. Untuk itulah perhatikan cara menyimpan daging agar tetap fresh walaupun di dalam kulkas. Berikut ulasannya!

Baca juga: Teknik Pembekuan Tidak Merubah Nutrisi Makanan

Jangan cuci daging saat akan dimasukkan ke dalam freezer
Ketika kamu mendapatkan daging pada saat Idul Adha jangan cuci daging sapi. Cukup tap-tap saja daging dengan menggunakan tisu dapur untuk menghilangkan basah pada daging yang melekat. Tujuannya adalah selain untuk tetap mendapatkan bau khas pada sapi itu sendiri, juga agar daging sapi tidak akan kehilangan nutrisinya. Bahkan, mencuci daging sapi bisa membuat daging mengkerut meskipun disimpan selama apa pun di dalam kulkas, lho. 

Bedakan wadah atau tempat menyimpan daging
Pernahkah kamu membuka pintu kulkas berkali-kali untuk mengambil makanan atau minman? Ternyata tanpa sadari ini yang membuat suhu kulkas tidak stabil, lho. Jika kamu menaruh daging di luar freezer, tentu hal ini bisa berpengaruh terhadap ketahanan daging di dalam kulkas. Untuk itu, kamu perlu siapkan beberapa bagian wadah kecil atau plastik tebal untuk membagi daging beberapa bagian di setiap plastik.

Baca juga: 3 Cara Penyimpanan Bumbu Dapur Dengan Baik

Pastikan suhu tetap stabil
Supaya lebih tahan lama dan tetap segar, daging sapi perlu disimpan di dalam freezer dengan suhu kurang dari -12 derajat Celsius. Tujuannya, tentuk untuk menjaga suhu daging. Sebaiknya, jangan memeriksanya terlalu sering agar tidak mengubah suhu pada daging. Efeknya terjadi kontaminasi yang membuat daging tidak tahan lama.

Itu tadi beberapa tips menyimpan daging sapi di kulkas. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat nyata bagi pembaca semua dan bila memang ada kritik dan saran silahkan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar. Jangan lupa selalu mengikuti hargapabrik.id untuk tips dan produk-produk yang dijual disana.

Baca juga: Inilah Blast Chiller, Jenis Cold Storage




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp