Berikut 5 Cara Mengaktifkan TikTok Shop

By. Hanief - 19 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - TikTok merupakan platform berbagi video yang populer saat ini. TikTok saat ini juga memiliki fitur TikTok Shop untuk berjualan. Fitur ini dapat sangat berguna bagi anda yang mempunyai bisnis dan ingin menjualnya secara online.

 

Syarat mendaftar akun TikTok Shop Seller tidaklah sulit. Sebelum mendaftar akun TikTok Shop Seller, terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu diantaranya KTP atau paspor, pemilik akun harus berusia minimal 18 tahun, memiliki minimal 2000 pengikut di aplikasi TikTok, akun memposting video dalam 28 hari terakhir, pemilik akun mempunyai rekening bank, serta toko dan produk yang dijual sesuai dengan syarat dan ketentuan TikTok. Berikut ini adalah 5 cara mengaktifkan TikTok Shop.

 

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Menggunakan TikTok untuk Bisnis

 

1. Membuat akun di TikTok Shop Seller

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di TikTok Shop Seller kemudian daftar sebagai akun seller. Kamu dapat membuat akun baru atau menggunakan akun TikTok yang sudah kamu miliki sebelumnya.

Jika kamu ingin mendaftar menggunakan akun TikTok yang sudah dimiliki, kamu dapat klik Sign up with TikTok Account.

 

2. Melengkapi informasi toko

Langkh berikutnya setelah berhasil mendaftar sebagai akun seller adalah melengkapi informasi toko. Kamu harus melengkapi data yang dibutuhkan sebelum kamu bisa menambahkan produk ke TikTok Shop.

Kamu harus mengisi alamat, dan contact person. Apabila data sudah terisi kemudian klik “Start to add products”.

 

3. Verifikasi TikTok Shop

Sebelum produk kamu dapat dijual di TikTok Shop, kamu harus memverifikasi beberapa dokumen. Klik “Verify documents” di homepage, lalu klik “Upload Documents”.

Lengkapi data yang diperlukan tentang penjual, kemudian pilih tipe bisnis, apakah sebagai individual atau corporation. Apabila kamu mendaftar sebagai individual maka kamu harus mengunggah foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png.

 

Kamu harus memastikan fotonya jelas dan ukurannya tidak melebihi 10 MB. Informasi yang kamu masukkan tidak dapat diubah lagi sehingga pastikan bahwa data sudah benar, kemudian klik Submit.

Proses verifikasi yang telah selesai berarti bahwa akun TikTok Shop mu dapat digunakan untuk menjual produk.

 

Baca juga: 3 Kesalahan Promosi di TikTok yang Harus Dihindari

 

4. Tambahkan produk ke TikTok Shop

Apabila akun TikTok yang kamu buat sudah terverifikasi maka kamu dapat menambahkan produk untuk dijual pada tiktok. Klik Add First Product pada homepage kemudian klik Add Product.

Selanjutnya lengkapi deskripsi produk, mulai dari nama produk, kategori, dan brand. Apabila kamu ingin menambahkan brand baru, maka kamu harus mengunggah dokumen ownership atau selling rights (apabila kamu reseller). Apabila tidak maka cukup pilih No Brand.

 

5. Hubungkan ke rekening bank

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan menghubungkan rekening bank ke akun TikTok Shop. Kamu dapat klik Link Bank Account pada homepage kemudian klik Link Account. Ikuti prosesnya hingga selesai menautkan rekening ke TikTok Shop.

 

Itu tadi beberapa cara mengaktifkan TikTok Shop.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Ini Dia 4 Cara Menghadapi Customer Online




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp