Berikut 4 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online

By. Hanief - 19 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Bisnis online saat ini sangat digemari oleh banyak orang karena memiliki pangsa pasar yang besar, akses informasi mudah, dan modal yang dibutuhkan relatif sedikit.

Hal tersebut menyebabkan persaingan di dunia bisnis online sangatlah ketat sehingga diperlukan strategi untuk dapat mengatasinya. Walaupun bisnis online menawarkan banyak sekali kemudahan, persiapan dan rencana jangka panjang tetaplah dibutuhkan agar bisnis online tetap stabil. Berikut ini adalah 4 tips menghadapi persaingan bisnis online.

 

Baca juga: 5 Strategi Bisnis Buat Pelaku Bisnis Online

 

1. Melakukan branding

Branding dilakukan bertujuan agar membuat konsumen menjadi familiar dengan bisnis yang sedang anda jalankan. Apabila konsumen semakin familiar dengan bisnis online anda maka akan semakin sering bisnis online anda menjadi tujuan ketika konsumen membutuhkan sesuatu. Branding dapat dilakukan melalui bazar ataupun media sosial.

 

2. Website yang menarik

Tampilan website yang menarik dapat membuat konsumen tertarik untuk berkunjung. Website yang user-friendly juga sangat penting agar mudah digunakan oleh konsumen.

Konsumen akan mengalami kesulitan apabila website anda memiliki tampilan yang berantakan dan terlalu berat. Konsumen juga bisa langsung menutup website anda apabila website anda dirasa tidak menarik.

 

Baca juga: 5 Langkah dalam Melakukan Segmentasi Pasar

 

3. Menjaga loyalitas konsumen

Saat menjalankan bisnis maka pemilik usaha tidak boleh sekedar memperhatikan kualitas merek dan kualitas produk tetapi fasilitas dan layanan kepada konsumen juga harus diperhatikan.

Bisnis yang dijalankan secara online harus dapat memanfaatkan dunia digital semaksimal mungkin untuk dapat menjaga hubungan baik dengan konsumen. Balaslah pesan dari konsumen secepat mungkin dan apabila mereka bertanya mengenai produk anda maka jawablah pertanyaan mereka dengan baik.

 

Berbicara yang sopan, ramah, dan sabar dapat membuat konsumen merasa dihargai. Follow up juga dapat dilakukan untuk memberikan informasi terbaru mengenai produk anda.

 

4. Memberikan promosi, diskon, voucher, dan hadiah

Saat menjalankan bisnis online maka anda dapat memberikan promosi, diskon, voucher, ataupun bonus kepada konsumen. Konsemen biasanya akan lebih tertarik dengan produk yang sedang diskon. Hadiah dapat juga diberikan pada pelanggan yang setia untuk meningkatkan loyalitas mereka.

 

Itu tadi beberapa tips menghadapi persaingan bisnis online.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Menggunakan TikTok untuk Bisnis




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp