6 Simbol pada Kardus Paket yang Perlu Kamu Diketahui

By. Hanief - 19 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Simbol-simbol yang ada pada kemasan memiliki arti yang berbeda-beda. Simbol dalam kemasan tersebut dapat dijadikan sebagai tanda bagi pihak pengiriman, distributor atau ekspedisi dalam membawa barang agar sampai tujuan dengan kondisi yang baik. Berikut ini 6 simbol pada kardus atau packing beserta arti dan penjelasannya.

 

Baca juga: 5 Langkah dalam Melakukan Segmentasi Pasar

 

1. Keep dry (simpan di tempat sejuk)

Simbol ini berarti barang yang terdapat didalam kemasan kardus harus disimpan di temapat yang kering atau di tempat yang sejuk. Simbol ini dapat dijumpai pada produk makanan, minuman, dan juga barang-barang yang mudah berjamur atau tidak dapat diletakkan ditempat yang lembab.

 

Selain itu jangan biarkan barang terpapar sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan barang rusak atau tidak layak dikonsumsi.

 

2. Fragile (barang mudah pecah)

Fragile merupakan salah satu simbol yang paling sering ditemui dalam kemasan. Simbol ini berarti bahwa barang yang ada didalam kemasan tersebut termasuk barang yang rapuh, mudah pecah, atua terbuat dari kaca.

Simbol ini berfungsi sebagai tanda bagi pihak pengiriman, distributor, atau ekspedisi untuk selalu berhati-hati dalam membawa barang agar sampai tujuan dengan kondisi yang baik.

 

3. Handle with care (tangani dengan hati-hati)

Simbol ini berarti barang yang ada didalam kemasan harus dibawa dengan sangat hati-hati sehingga barang tidak jatuh dan rusak. Simbol ini memiliki arti yang sama dengan simbol fragile.

Simbol ini biasanya digunakan untuk barang yang terbuat dari kaca seperti gelas, botol, dan piring.

 

Baca juga: 5 Strategi Bisnis Buat Pelaku Bisnis Online

 

4. Do not step on it (jangan diinjak)

Simbol ini berarti bahwa kemasan tidak boleh diinjak agar kondisi barang yang terdapat dalam kemasan tetap terjaga kondisinya.

Apabila kamu menjumpai simbol ini maka jangan pernah menginjak, menekan, atau menumpuknya dengan kardus atau kemasan yang lebih berat karena dapat meningkatkan resiko kerusakan.

 

5. The side up (petunjuk bagian atas)

Simbol ini digunakan untuk menentukan posisi atas dan bawah dari sebuah kemasan agar barang yang ada didalamnya tidak dalam kondisi terbalik saat diletakkan.

 

6. Maximum stack (tumpukan maksimum)

Simbol ini berarti bahwa kartus memiliki jumlah maksimum untuk dapat ditumpuk. Simbol ini ditandai dengan tanda garis yang ditumpuk beserta dengan tulisan angka dibagian atas garis.

 

Itu tadi beberapa simbol pada kardus paket beserta arti dan penjelasannya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: Berikut 4 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp