Bagi Kamu Penyuka Mie instant, Berikut 8 Tips Sehat dalam Mengkonsumsi Mie Instant

By. Hanief - 22 Mar 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Mie instant adalah makanan instan yang terdiri dari mie kering yang sudah dimasak dan bumbu-bumbu dalam bentuk kemasan. Mie instant biasanya dapat disiapkan dengan cepat dan mudah dengan cara menuangkan air panas ke dalam mangkuk atau wadah, kemudian mencampurkannya dengan mie dan bumbu yang ada. Setelah beberapa saat, mie akan menjadi lunak dan siap untuk dimakan.

 

Baca juga: Berikut Resep Mie Godog Jawa, Kuahnya Bikin Ketagihan

 

Mie instant sangat populer karena kemudahan dan kenyamanannya dalam persiapan. Namun, penting untuk diingat bahwa mie instant cenderung mengandung banyak natrium, lemak jenuh, dan kalori yang tinggi. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam mie instant juga seringkali mengandung pengawet dan bahan tambahan lainnya. Konsumsi mie instant dalam jumlah yang berlebihan dan secara teratur dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan, seperti peningkatan risiko obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan gangguan metabolisme.

 

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi mie instant secukupnya dan sebaiknya melengkapi diet dengan makanan sehat dan seimbang yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Berikut adalah beberapa tips aman konsumsi mie instant:

 

1. Pilihlah mie instant yang lebih sehat

Saat membeli mie instant, baca label dengan cermat dan pilihlah varian yang rendah natrium, rendah lemak, dan rendah kalori. Beberapa merek juga menawarkan mie instan dengan gandum utuh atau bahan-bahan alami yang lebih baik untuk kesehatan.

 

2. Kurangi penggunaan bumbu kemasan

Bumbu kemasan mie instant umumnya mengandung banyak natrium dan bahan tambahan lainnya. Kamu dapat mencoba mengurangi jumlah bumbu yang digunakan atau bahkan menggantinya dengan bumbu sendiri yang lebih alami dan rendah garam.

 

3. Tambahkan sayuran

Untuk meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral, tambahkan sayuran segar atau beku ke dalam mie instant. Kamu dapat memasak sayuran terlebih dahulu dan menambahkannya ke mie saat penyajian.

 

4. Perkaya protein

Tambahkan protein ke dalam mie instant dengan cara menambahkan telur rebus, daging ayam rebus atau ayam panggang yang diiris tipis, atau bahan protein nabati seperti tahu atau tempe.

 

Baca juga: Begini Cara Membuat Mie Ramen Ichiraku yang Terkenal Lezat

 

5. Minimalkan penggunaan minyak

Beberapa mie instant mengandung minyak berlebih. Coba untuk membatasi atau mengurangi penggunaan minyak yang disertakan dalam bumbu kemasan. Jika kamu ingin menambahkan minyak, pilih minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa dalam jumlah yang terbatas.

 

6. Kontrol porsi

Mie instant umumnya memiliki porsi yang cukup besar. Untuk mengontrol asupan kalori, sesuaikan porsi makanmu dan hindari makan berlebihan.

 

7. Konsumsi dengan makanan sehat lainnya

Jangan mengandalkan mie instant sebagai satu-satunya makanan utama. Sertakan makanan sehat lainnya seperti sayuran, protein, atau buah sebagai pelengkap.

 

8. Jaga frekuensi konsumsi

Mie instant sebaiknya dikonsumsi dengan terbatas. Gunakan mie instant sebagai pilihan darurat dan usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat yang lebih bervariasi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Yang terpenting, ingatlah bahwa mie instant tetaplah makanan yang diproses dan tidak boleh menjadi komponen utama dalam makanan sehari-hari. Maksimalkan asupan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, protein, dan biji-bijian utuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara seimbang. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

 

Baca juga: Cara Membuat Mie Ayam Yamin yang Lezat Yang Bisa Jadi Ide Usaha Anda




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp